Versi Lengkap Doa Cepat Lunas Utang Pamungkas

0
76

Meskipun masih banyak versi matan/redaksi Hasan dan Shahih lainnya dari doa-doa supaya Allaah SWT menganugerahkan UNLOGIC  (pertolongan dan kemudahan) kepada Umat Muslim sehingga mempercepat  pelunasan seluruh utang, namun doa-doa pilihan yang sudah kami posting di web masyarakattanpariba semoga telah cukup mewakili doa ma`tsurah terbaik yang telah diajarkan Rasulullah Saw dan  bisa diamalkan umat Muslim dengan mudah.

Doa cepat lunas utang ini berasal dari jalur Syahid Shahabat Abu Sa’id Al-Khudriy Ra. Beliau mendapatkan doa  ma’tsurat ini secara syahid  (menyaksikan langsung) dari Rasulullah Saw.

Doa ma’tsurat artinya doa yang bersanad/bersambung atau diajarkan Rasulullah Saw yang sampai kepada kita secara muttashil/bersambung/tidak terputus para perawi Al-Haditsnya.

Adapun kisahnya,

Telah bertutur Sayyidina Abu Sa’id Al-Khudriy Ra bahwa pada suatu hari Rasulullah Saw memasuki Masjid (Nabawiy) kemudian menjumpai seorang lelaki dari kaum Anshar yang biasa disebut namanya Abu Umamah Ra.

Lalu Beliau Saw bertanya: “Wahai Abu Umamah. Tidaklah selama ini aku melihatmu duduk-duduk di dalam Masjid di luar waktu shalat?”

Dia (Abu Umamah Ra) menjawab: “Semua kegalauan sungguh telah menderaku karena lilitan utang, wahai Rasulullah.”

Beliau Saw bersabda: “Maukah engkau aku ajarkan suatu kalimat doa yang bila engkau berdoa dengan doa itu, niscaya Allah ‘Azza wa Jalla melenyapkan semua kegalauanmu sekaligus Dialah yang melunasi untukmu semua utangmu?”

Dia (Abu Umamah Ra) menjawab:  “Baik, kami mau, wahai Rasulullah.”

Beliau Saw bersabda:  “Ucapkan(Berdoa)lah rutin di saat mengawali aktivitas pagi harimu dan pada saat mengakhiri aktivitas sore harimu dengan Doa:”

«اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ»

“Ya Allah, sungguh aku memohon perlindungan kepada-Mu dari perasaan galau dan sedih, dari sikap terpedaya dan malas, dari sifat kikir dan pecundang, dari beban lilitan utang dan dari dominasi penindasan sekelompok orang.”

قَالَ: فَفَعَلْتُ ذَلِكَ فَأَذْهَبَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ هَمِّى وَقَضَى عَنِّى دَيْنِى.

Dia (Abu Umamah Ra) bertutur (kepada Abu Sa’id Al-Kudriy Ra): “Jadi, aku melakukannya (Doa Ma`tsurah Ajaran Rasulullah Saw) itu, maka Allah ‘Azza wa Jalla telah melenyapkan perasaan Galauku dan telah melunasi untukku semua Utangku.”

[Al-Hadits Asy-Syarif Shahih Riwayat Imam Abu Dawud Rh. Matan semakna diriwayatkan Imam Ashhabush-Shahihayn was-Sunan wal-Masanid wash-Shahihin wal-Mushannafat wal-Ma’ajim wal-Amaliyat wal-Jawami’].

Semoga manfaat dan mendapatkan pemahaman yang diberkahi Allah SWT.

Silakan di’amalkan rutin setiap usai shalat lima waktu maupun seusai shalat sunnah dan terutama di saat mengawali beraktivitas pagi hari dan mengakhiri aktivitas di sore hari, plus tetap tawakkul dan fokus Ikhtiar maksimal.

Semoga Allah SWT mengabulkan Doa Ikhlas dari Bapak/Ibu Warga FBG MTR hingga disegerakan LUNAS dengan mendapatkan UNLOGIC (Kemudahan dan Pertolongan) Allah SWT.  Aamiin Ya Mujiibas-Saa`iliin 3X.

Ya Allah, telah kami sampaikan maka saksikanlah.  Kota Santri Jember,

al-faqir wal-haqir ila Allah SWT M ‘Abdul Qadim Muhtadi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here