SENYUM

0
57

@MIslamBasri|MTRRiau||

 

”Senyum Itu Membuat Hidup  Lebih Mudah”

Kalimat di atas, merupakan jawaban polos dari Ngolo Kante, pemain Nasional Perancis yang memiliki penghasilan lebih kurang Rp5 Miliyar/pekan saat ini. Ia juga disebut  “The Nicest Man in Football” ketika dalam suatu kesempatan ditanya seorang jurnalis mengapa tampak selalu menebar senyum.

Pemain berkulit hitam legam ini adalah  anak dari imgran muslim Mali yang menjadi yatim sejak usia 11 tahun. Dan sejak usia itu juga, ia ikut berjuang mencari nafkah untuk ibu dan saudaranya sebagai pemulung dengan cita-cita sederhana; ingin mengangkat martabat hidup keluarganya

Dan kesungguhan, keuletan serta perilakunya yang selalu tersenyum, ternyata telah membuat Allaah memberi dirinya lebih dari sekedar apa yang pernah dicita-citakannya.

Lalu bagaimanakah dengan kita?

Sekali lagi, boleh jadi yang membuat hidup kita sering terasa sempit, termasuk tentang utang yang sulit dilunasi, bukan karena kita kurang ibadah, kurang kerja keras atau kurang kerja cerdas. Bisa jadi penyebabnya adalah kita selama ini terlalu memandang ringan dan remeh salah satu Hadits Agung Rosulullaah SAW ; “Senyum manismu di hadapan saudaramu adalah shodaqoh ( HR Tirmidzi )

Sabda Rosulullah ini, entah memang selama ini kurang dipahami atau kurang  baik dalam penyampaiannya, banyak yang memaknainya bahwa senyum adalah sedekah yang yang paling murah dan paling kecil nilai pahalanya, sehingga tak sedikit yang mengabaikannya. Barangkali termasuk juga kita.

Mari kita belajar bersama untuk selalu bisa tersenyum.

Memang takkan mudah, tapi yang pasti ada di antara insan muslim biasa yang bukan nabi dan juga bukan ulama, yang  sanggup senantiasa mengamalkannya.

Dan juga perlu di ingat, salah satu slogan MTR; “Bersahabat Dalam Dakwah” yang sentiasa kita alu-alukan, makna hakiki yang sesungguhnya, tak lain tak bukan adalah ’SENYUM’.

# PIKIR dan RENUNGKANLAH

BangKamRi 1441 S

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here