Perubahan itu Akan Datang!

0
413

@BambangPK|MTRSemarang||

Saya menyukai lagu “A Change is Gonna Come” yang dinyanyikan Sam Cooke. Bukan karena enak didengar, tetapi karena lirik lagunya sangat menggugah untuk memperjuangkan sebuah perubahan.

 

Di bagian lirik ini sangat menginspirasi saya:

“Then I go to my brother

And I say, Brother, help me please

But he winds up knocking me

Back down on my knees

 

There’s been times that I thought

I couldn’t last for long

But now I think I’m able to carry on

 

It’s been a long, a long time coming

But I know a change gonna come, oh yes it will”

 

Lagu ini bertutur tentang perjuangan melakukan perubahan diskriminasi ras kulit putih terhadap kulit hitam. Sayangnya ketika dia mengajak saudara-saudaranya sesama kulit hitam untuk berjuang, semangatnya justru dipatahkan. Namun dengan keyakinan penuh, dia terus melakukan perjuangan. Dia meyakini, meskipun membutuhkan waktu sangat lama, perubahan itu akan datang.

Sejak awal Islam memandang perbedaan pada diri manusia adalah fitrah. Allah menciptakan laki-laki dan perempuan, terdiri dari berbagai macam suku dan bangsa, berbeda ras dan warna kulit, semata-mata untuk saling mengenal satu sama lain. Di antara berbagai jenis manusia yang ada, yang menjadikan manusia mulia bukan suku, bangsa, ataupun warna kulit, akan tetapi ketaqwaan.

 

Kisah yang sangat legendaris adalah tentang Bilal. Seorang budak hitam, yang disiksa tuannya dengan kejam karena memeluk Islam.

Ketika Bilal dibebaskan sebagai budak oleh Abu Bakar, kedudukannya setara dengan sahabat Rasulullah lainnya. Bahkan Rasulullah mempercayakan menjadi orang pertama yang mengumandangkan adzan. Tidak ada status bekas budak bagi Bilal.

Berbeda dengan teman Bilal sesama budak hitam bernama Wahsyi. Ketika mendapat status merdeka sebagai budak, atas hadiah membunuh Hamzah, paman Rasullullah. Dia tidak bisa duduk sejajar dengan para pembesar Quraisy. Statusnya masih bekas budak hitam. Itulah sebabnya dia masih memendam dendam membara, meskipun telah merdeka.

 

Dunia saat ini dalam cengkeraman sistem kapitalisme. Kondisi di mana jurang manusia kaya dan miskin sangat lebar. Dominasi manusia kuat terhadap manusia lemah sangat terasa. Eksploitasi negara kuat terhadap negara lemah sangat jahat. Tatanan dunia yang bertabrakan dengan fitrah manusia, tidak menentramkan jiwa, serta menggerus akal sehat.

Bergabung dengan arus perubahan dunia untuk menjadi lebih baik, dengan sistem Islam sebagai solusi tidaklah mudah. Kalian akan mendapat tantangan keras banyak manusia yang tidak ingin berubah. Bahkan oleh saudaramu sendiri.

Sam Cooke dan para pejuang anti diskriminasi ras, dengan keyakinan teguh terus bersuara. Meskipun membutuhkan perjalanan waktu lama, hasilnya Obama yang berkulit hitam, bisa menjadi presiden Amerika.

Saya menjadi semakin termotivasi. Meskipun membutuhkan waktu lama, perubahan dunia ke arah lebih baik dengan tatanan aturan Islam akan datang. Asalkan suara itu terus didengungkan, diperjuangkan dengan keteguhan luar biasa.

Ya, perubahan itu akan datang saudaraku, hanya masalah waktu saja!

Semarang, dini hari, 6 Juli 2020

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here