The Oligarchy

0
56

© MY210520| MTR||

Persoalan covid saat ini bukan lagi urusan daya tahan tubuh dan kesehatan saja. Dia sudah melebar kemana-mana, kompleks, dan multi dimensi.

Covid bisa jadi racun sekaligus penawar bagi semua orang untuk kemudian membenarkan apa yang mereka lakukan.

Bagi yang memang ‘gak peduli agama, akan punya amunisi untuk menyalahkan ibadah berjamaah sebagai sumber malapetaka, dan membuat ‘iblis’ berteriak histeris.

Bagi pemegang kekuasaan, ini jadi kesempatan emas atas ketidakmampuan mereka mengatasi keadaan, apalagi dalam soal urusan tanggung jawab mensejahterakan rakyatnya.

Bagi otak kriminal covid dijadikan alasan atas kriminalitas yang mereka lakukan, atas nama lapar atau karena keserakahan ingin menggarong uang negara.

Lihat saja…

Gak peduli perlawanan bersama terhadap covid, UU Minerba yang jelas menguntungkan oligarki terus direalese, UU Omnibus Law ngalir lancar bebas hambatan. ‘Gak boleh demo, ‘gak ada kumpul-kumpul massa, cukup koar-koar di dunia maya.

Disisi lain…

Pasar tetap rame, konser negara terus jalan, bandara masih padat. ‘Gak percaya? Silahkan keluar dan turun ke jalan, jika hoki dan lolos, lihat dan saksikan banyaknya anomali antara kebijakan dan fakta di lapangan.

Ingat, saya termasuk yang perduli dan ingin pemerintahan ini berhasil agar kita semua cepat terbebas dari semua ini. Tapi jika melihat pengelolaan negara yang seperti begini maka saya dan kita semua “berdosa” jika diam.

Aku sudah ‘gak peduli Anda siapa, teman, sodara atau bahkan orang asing sekalipun, kita harus segera disadarkan, dibuat melek, bahwa setelah hari ini semua tidak akan pernah seperti biasanya lagi.

Jika Anda tidak bersiap dan melakukan sesuatu, lalu menganggap Indonesia baik-baik saja, dunia aman-aman saja, maka jangan kaget jika pun nanti Anda berhasil selamat dari seleksi alam, Anda akan menyaksikan Indonesia telah berubah.

Saya melihat kekayaan jadi bencana ketimbang berkah, saat ini Indonesia menjadi negaranya para konglomerat dan swasta yang dekat dengan kekuasaan. Welcome to the oligarchy !!!

Terus apa yang kita lakukan?

Mulai saat ini bersiaplah untuk kemungkinan yang tidak mungkin. Belajarlah berdaulat terhadap diri sendiri dengan menjadi mandiri. Kemandirian sejak dini membuat kita tidak mudah dibeli oleh siapapun.

Tularkan kemandirian itu kepada yang lain, biarkan ini jadi aura nasional, dan pada saatnya Indonesia akan berjaya kembali, kita akan menemukan kembali pemimpin yang hilang. Sinchan hanyalah tokoh komik yang jadi jualan para oligarki.

Lakukan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain, manfaatkan segala potensi yang Anda punya, kita semua adalah unik. Kita berfikir maka kita ada dan kita bisa!

Wallahua’lam bissawab.

✍ Education For All

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here