Prasyarat Kemenangan

0
86

NGAJI SURAT AN NUUR(24) : 52

 

وَمَن یُطِعِ ٱللَّهَ وَرَسُولَهُۥ وَیَخۡشَ ٱللَّهَ وَیَتَّقۡهِ فَأُو۟لَـٰۤىِٕكَ هُمُ ٱلۡفَاۤىِٕزُونَ

 

Dan barangsiapa taat kepada Allah dan Rasul-Nya serta takut kepada Allah dan bertakwa kepada-Nya, mereka itulah orang-orang yang mendapat kemenangan. [Surat An-Nur 52]

Yang mendapatkan kemenangan itu adalah mereka yang menggabungkan ketaatan kepada Allah dan Rasulnya, serta takut dan taqwa kepada Allah.

Ayat ini berbentuk jumlah syarthiyyah yang artinya bahwa sesuatu tidak akan bisa diperoleh kecuali dengan adanya sesuatu yang lain.

Dalam ayat tersebut, KEMENANGAN adalah sesuatu yang pasti akan diperoleh, pasti, tidak mungkin tidak, ini adalah jaminan Allah, dan Allah tidak mungkin memgingkari janjiNya. Tapi  hal itu akan diperoleh, jika PATUH KEPADA ALLAH DAN RASULNYA, SERTA TAKUT DAN TAQWA KEPADA ALLAH

 

Melepaskan diri dari riba adalah bukti taat pada Allah dan takut akan siksa pedih bagi pelakunya. Menjauhi utang adalah wasiat Rasul, mengikutinya berarti juga bukti taat kepadanya. Jika hal itu dilakukan, maka sudah memenuhi syarat bahwa Allah akan memberikan kemenangan.

Korelasi dengan kesuksesan SMHTR adalah, bahwa dalam pembelajaran tersebut ditanamkan dengan kuat, bahwa hanya dengan ketaatan kepada Allah dan Rasulullah, disertai dengan hanya takut kepada kepada Allah dan dilanjutkan dengan tindakan ketaqwaan maka Allah dengan izinNya memberikan keberhasilan itu.

Keberhasilan atau kemenangan yang sejatinya adalah keselamatan dari siksa karena meninggalkan asbab siksaan tersebut dan usaha untuk memperoleh pahala. Kemenangan hanya akan berpihak kepada golongan yang punya karakter itu. (lihat taisiir al kariim ar rahmaan fii tafsiiri kalaamil mannaan)

Maka,

  • pasca SMHTR => dilanjut dengan pembalajaran di ULC, dan lainnya => dengan dorongan kuat agar menjadi hamba Allah sebagaimana dalam surat an Nuur 52 => akan semakin menguatkan keberhasilan = bukan hanya di akhirat tapi juga di dunia; dengan selesainya permasalahan utang dan riba.

Ayat 52 ini seakan menyimpulkan ayat sebelumnya, mulai dari ayat 46. Mari kita baca dan dipahami artinya, alias #mocoquransakmaknane. Allahumma irhamnaa bil qur’aan

wallahu a’lamu bisshowwaab

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here