Menutup Aib

0
45

💧 KITA HIDUP MULIA BUKAN KARENA DIMULIAKAN SEMATA NAMUN KARENA ALLAH SWT MENUTUPI ‘AYB-‘AYB KITA DI DUNIA 💦

🕌 الحديث الشريف
🕌 Al-Hadits Asy-Syarif

▫️ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ:
▪️ Dari Shahabat Abu Hurayrah Ra yang bertutur; Telah bersabda Rasulullah Saw:

▫️ مَنْ فَرَّجَ عَنْ مُسْلِمٍ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ الدُّنْيَا فَرَّجَ اللَّهُ عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ الْآخِرَةِ،
▪️ “Siapa saja (Muslim) yang meringankan (beri solusi) satu kesulitan hidup seorang Muslim dari berbagai kesulitan hidup Dunia, maka Allah SWT ringankan baginya satu kesulitan dari berbagai kesulitan (di Dunia dan) di Akhirat.”

▫️ وَمَنْ سَتَرَ أَخَاهُ الْمُسْلِمَ فِي الدُّنْيَا سَتَرَهُ اللَّهُ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ،
▪️ “Siapa saja (Muslim) yang menutupi ‘ayb/cela saudaranya yang Muslim di Dunia, maka Allah SWT akan menutupi ‘aybnya di Dunia dan kelak di Akhirat.”

▫️ وَاللَّهُ فِي عَوْنِ الْعَبْدِ مَا كَانَ الْعَبْدُ فِي عَوْنِ أخيه.
▪️ “Dan Allah SWT senantisa menaungi dengan Pertolongan kepada seseorang (Muslim) selama seseorang itu memberikan pertolongan kepada saudaranya (seiman).”

📚 [Al-Hadits Asy-Syarif Riwayat Imam Abu Bakar Ibnu Abid-Dunya Rh]

✍🏻 Rasulullah Saw sangat gamblang menegaskan kepada kita, bahwa Allah SWT akan meringankan kesulitan hidup kita di Dunia dan Akhirat, jika kita memberikan solusi/jalan-keluar kepada saudara seiman yang sedang menghadapi kesulitan hidup di Dunia. Makin banyak solusi kebaikan Dunia yang kita berikan, makin banyak keringanan (atasi kesulitan) yang dianugerahkan kepada kita di Dunia dan Akhirat. Dan ini wujud Syafa’at dari ‘amal kebaikan kita sendiri kelak di Akhirat dan wujud Unlogic Pertama (Kemudahan dari Allah SWT) saat di Dunia.

📝 Rasulullah Saw juga tegas pula mengedukasi kita, bahwa Allah SWT menjamin menjaga rahasia ‘ayb kita di Dunia dan Akhirat, bila kita menutupi ‘ayb/cacat-celanya saudara seiman di Dunia. Makin banyak ‘ayb yang kita tutupi, maka makin banyak Allah SWT merahasiakan ‘ayb kita di Dunia dan Akhirat. Yang wajib kita pahami dan yaqini bahwa kita dimuliakan Allah SWT karena ‘ayb-‘ayb kita masih ditutupi/dirahasiakan Allah SWT di Dunia!

📖 Oleh karena itu maksimalkan dalam aktivitas kebaikan untuk memberikan pertolongan kepada saudara seiman yang sedang mengalami kesulitan hidup, baik berwujud pertolongan pemikiran/ide/konsep/saran, atau berwujud tenaga, maupun berwujud materi/kekayaan. Karena inilah Unlogic Kedua (Pertolongan dari Allah SWT) saat di Dunia.

🤲🏻 Demikian semoga manfaat dan mendapatkan pemahaman yang diberkahi Allah SWT.

#IstiqamahRaihDuaUnlogicDariAllahSWT
#IstiqamahRaihKemuliaanHidupDiDunia
#IstiqamahRahasiakan’AybSaudaraSeiman
#IstiqamahBersahabatDalamDakwahBerjama’ah

الفقير و الحقير الى الله،
اخوكم، محمد طه يس الامين.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here