Step by Step Taubat Utang Warga MTR

0
57

@M.IslamBasri||

Sesuatu yang baik dan diniatkan dengan benar,  tentu harus melalui proses  perjalanan serta perjuangan yang baik  dan benar pula.

Setidaknya ada 11 “syarat  tak  tertulis”  yang berlaku di Komunitas Masyarakat  Tanpa Riba (MTR), agar kita bisa mendapatkan jalan keluar untuk segera terlepas dari penyakit Utang dan Riba.

  1. Taubatan Nasuha.  Tinggalkan kebathilan dan hentikan sepenuhnya semua hal yang berbau riba.
  2. Rajin menuntut Ilmu yang baik dan benar. Tiada kata rugi untuk mendapatkan ilmu yang disyariatkan. Bertahan dalam kebodohan adalah ciri  perugi sejati.
  3. Memperbaiki hubungan dengan ALLAAH dan sesama manusia, terutama dengan keluarga terdekat. Taat kepada ALLAAH dan silaturahim sesama manusia adalah dua hal yang tak terpisahkan.
  4. Bersemangat tinggi mengembangkan diri dan usaha. Kembangkan seluruh bakat,potensi, energi yang diri dan keluarga serta yang juga lingkungan yang Anda miliki,  sehingga senantiasa bisa lebih MEMBESAR melampaui berbagai bentuk masalah yang dihadapi, termasuk persoalan yang berhubungan dengan  problema dan dilema utang.
  5. Fokus membenahi usaha bukan menambah utang.  Konsentrasikan pikiran Anda untuk meningkatkan penghasilan, bukannya  fokus pada utang/menambah utang ) dan seksama memperkecil pos-pos pengeluaran atau bahkan menghapus  pengeluaran yang tidak perlu. Hanya orang yang belajar untuk selalu memperbaiki diri, keluarga dan usahanyalah, yang pantas menjadi penolong agama ALLAAH dan RosulNYA.
  6. Selalu dalam Jama’ah.  Ghirah atau spirit akan selalu terjaga  bila kita senantiasa bersama dalam jama’ah. Kitapun membutuhkan nasehat dan do’a dari orang lain.
  7. Giat dan Istiqomah berdakwah membantu agama ALLAAH. Meyakini bahwa ALLAAH pasti akan membantu siapa yang menolong agamaNYA, merupakan suatu amunisi yang mesti senantiasa dijaga dan dipersiapkan.
  8. Melepaskan Kemelekatan. Hidup merdeka tanpa utang butuh kesungguhan, perjuangan dan pengorbanan.
  9. Senantiasa muhasabah diri. Pakai cermin sendiri dan lupakan cermin orang lain.
  10. Rajin mendoakan kebaikan untuk orang lain. Setiap mendoakan kebaikan untuk orang lain, malaikat akan mendoakan kita dalam hal yang sama.
  11. Disiplin dan banyak bersyukur. Syukur dan selalu qonaah adalah kunci keselamatan. Orang yang bersyukur pasti berusaha untuk bisa disiplin. Tiada syukur tanpa ada perbaikan  terhadap kemampuan dan disiplin diri.

PANTASKAN DIRI MENDAPAT PERTOLONGAN ALLAH DAN PANTASKAN DIRI MENJADI  PENOLONG AGAMA ALLAAH, ITULAH MUJAHID MTR SEJATI

#PIKIR dan RENUNGKANLAH

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here