SAAT HIDAYAH ITU DATANG DAN RIBA PUN AKU TENDANG

0
682

By Bagus Purwanto, KSW #13 New Idea
WA KSW 0811113139

Bismillahirrahmannirrahim..

hidup tidak tenang karena bergelimang hutang…bermula sejak saya dewasa sudah di hadapkan dengan hutang di salah satu bank swasta dengan agunan sertifikat rumah beserta bangunanya…

walaupun itu adalah kakak dan bapak sy yg memakai uang pinjaman namun ketidak tenangan itupun akhirnya sy rasakan jg…karena hutang itu bener2 membuat keluarga sy gelisah di malam hari dan menjadi hina di siang hari.. karena,
gelisahnya saat itu angsuran telat bbrp bln dan blm bisa membayarnya dan hinanya krn di siang hari sering di datangi si abank..??
yg pernah berada di posisi ini pasti tau kan rasanya nyesek banget..??
sapa yg pernah ayo cung ? ?

dr ketidak tenangan itulah sy berniat melunasi sisa bbrp angsuran beserta dendanya..
berbagai macam cara sy lakukan untuk menutup pinjaman itu..bahkan sempat sy pinjam kopkar untuk menutup sisa pinjaman itu..( maklum blm mengenal apa itu RIBA ) ?? dan hore Alhamdulillah thn 2013 lepas dr ancaman si aBank sertifikatpun udah di tangan.

namun ketidak tenangan itu terus membersamai sy…berawal dr memulai bisnis cafe guna menambah income dan mmprbaiki ekonomi klrg..( pahlawan kesiangan hehehe )

seiring brjlnya waktu semua yg sy bygkan tidak sesuai dengan kenyataanya…mgkin ekspetasinya trlalu tinggi ya ??..yakin bisnis ini bisa menambah income dan membantu ekonomi klrg dan setahun berlalu bisnis ini brjalan dng cahsflow yg tdk bagus..

dan lg2 krn blm tau soal RIBA dan mmg pd kenyatanya saat ini pun tdk semua org itu mengerti akan dosa2 RIBA. (hampir 99 % org di sekitar kita tidak mengerti dan takut akan dosa RIBA???) bisa anda buktikan sendiri deh kalo ndak percaya..kecuali Warga KSW / MTR lho ya..??

akhirnya saat itu sy putuskan untuk infus modal lagi untuk perpanjang sewa tempat satu tahun lagi..maklum saat itu tempatnya masih kontrak…g banyak sih saat itu hanya puluhan juta sj…trpaksa saat itu pinjem ke si aBank dengan jaminan SK dan angsuran otomatis terdebit dr gaji di tmpt sy bekerja..

daannnn satu tahun berlalu bisnis itu semakin terpuruk mulai dr di tipu karyawan bahkan sampai bertgkar sm adik kdg sy sendiri…???

akhirnya di awal 2015 sy putuskan untuk berhenti menutup bisnis itu karena apa yg menjadi hak sy waktu itu ( aset cafe ) rencananya mau sy jual semua namun trnyata adik sy sendiri tdk mau menjualnya dan bahkan memilih melanjutkan cafe itu dengan pinjaman2 dr si Abank..tanpa ngembalikan atau mengganti aset2 tersebut..anda bisa bayangkan bgmn perasaan sy saat itu ???

sejak saat itu sy mulai fokus ke keluarga sy sendiri…sy putuskan untuk lbh mmperhatikan istriku sendiri…krn sejak sy menikah di thn 2011 perhatianku lebih besar ke keluargaku dan istriku hanya menjadi prioritas kedua dlm hidupku..

aku sangat bersyukur krn Allah telah menganugerahkan istri yg selalu mengerti akan kondisiku…?? maafkam aku istriku ira puspitasari

dr situlah kami mulai membangun kelurga kecilku…mulai merencankan program2 kehamilan,membeli rumah di tahun 2015…krn sampai saat ini kami berdua blm di karuniai Anak walau sdh 6 thn yg lalu menikah…

berbagai macam ikhtiar kami lakukan…bahkan sempat saat itu kami gonta ganti Dokter Kandungan dan nyeseknya kami saat itu ada salah satu Dokter yg menyarankan untuk di hysterechopy bahkan di sarnkan untuk lakukan program bayi tabung..??? astaghfirullahaladzim…

awal tahun 2015 adalah menjadi awal musahabah klrg kami…krn begitu banyak tamparan tamparan peringatan dr Allah untuk kami…namun lagi2 kami yg blm mengerti akan dosa2 RIBA kami seolah2 terus menantang perang Allah beserta RasulNya…

lagi lagi di pertengahan tahun 2015 tepatnya bln juli kembali kami lakukan akad2 RIBA…saat itu demi menggapai keinginan kami yaitu dengan mengambil KPR senilai 750 jt dengan DP 10 % ..

semua proses berjalan lancar dan banyak berbagai bank yg menyetujui pengajuan KPR kami…bahkan kami pun sdh mengajak kedua org tua kami dan klrg2 kami untuk melihat2 rumahnya…( biar terasa sukses dan wah padahal sesungguhnya nyesek mikirn angsuranya ???)

awal 2016 saat itu adalah di mana Hidayah itu dtg ke sy…dan Allah pun tunjukan hidayah itu lewat KSW dan MTR ini dan postingan2 di time line FB dr Mas Saptuari Sugiharto bermunculan…saat itulah sy mencoba mencari tau soal DOSA RIBA

Dari situlah sy mengerti akan Dosa Riba…bahkan sy sempat ??? setelah membaca ayat2 ini :
يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اتَّقُوا اللّٰهَ وَذَرُوْا مَا بَقِيَ مِنَ الرِّبٰٓوا اِنْ كُنْتُمْ مُّؤْمِنِيْنَ
“Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kepada Allah dan tinggalkan sisa riba (yang belum dipungut) jika kamu orang beriman.”
(QS. Al-Baqarah 2: Ayat 278)
فَاِنْ لَّمْ تَفْعَلُوْا فَأْذَنُوْا بِحَرْبٍ مِّنَ اللّٰهِ وَرَسُوْلِهٖ ۚ وَاِنْ تُبْتُمْ فَلَـكُمْ رُءُوْسُ اَمْوَالِكُمْ ۚ لَا تَظْلِمُوْنَ وَلَا تُظْلَمُوْنَ
“Jika kamu tidak melaksanakannya, maka umumkanlah perang dari Allah dan Rasul-Nya. Tetapi jika kamu bertobat, maka kamu berhak atas pokok hartamu. Kamu tidak berbuat zalim (merugikan) dan tidak dizalimi (dirugikan).”
(QS. Al-Baqarah 2: Ayat 279)

sejak saat itu sy berazam meninggalkan Dosa2 RIBA..
KPR rumah yg akan realisasi di bulan mei 2016 kami batalkan dengan resiko kehilangan DP yg saat itu sdh masuk sdh 90 % lebih…
sy berikan pengertian ke istri, orang tua dan klrga bahwa sy mau batalkan akad KPR krn takut dosa RIBA dan Alhamdulillah semua bisa memgerti dan ikhlas melepasnya…sejak saat itu istripun resign dr tmpt kerja….

Mgkin bisa jd karna Dosa2 RIBA itulah Allah menahan keinginan2 kami…Allah seolah2 sdg memerangi kehidupan kami…dan Allah benar2 mengganti semuanya itu dengan Rezeki yg lebih besar karena tepat krg lebih 2 – 3 bulan setelah kami berazam bebas dr RIBA istri sy di nyatakan Hamil oleh Dokter tepat di bulan juli 2016…Alhamdulillahirabbilallamiin…

Kebahagian kami pun akhirnya kami dapatkan walau kami meraskan hanya sekitar satu bulanan…karena janin yg ada dlm kandungan istri sy di nyatakan tdk berkembang di usianya yg 6 mgguan…

Alhamdulillah Ya Allah telah Engkau Bimbing kami menuju jalanMu.. Yaitu jalan org2 yg Engkau Ridhai bukan jalan mereka yg sesat

Mgkin saat ini Allah meminta kami belajar bagaima cara mendidik anak…Kami tetap Haqul Yakin Allah mempunyai skenario terindah buat kami…Kami Haqul Yakin Allah telah mendengar Do’a2 kami hanya saja mgkin semua ini masih terhalang oleh perisai perisai kami yg telah lalu… YAITU KARENA DOSA-DOSA KAMI YG TELAH LALU

Allahumma Rabbli Habbli minassholihin…

Rabbi J’alni mukimassholati wamin Duriyati Rabbana Wataqabal Du’a..

Rabbli Habbli Minladzunka Duriyatan Thoiyibah samiuddu’a..

Allahumma Inni A’udzubika Minnal Matsam Wal Maghram

sidoarjo 9 juli 2017,Ditulis di pondok mertua indah yg selalu menanti kehadiran Cucu nya… Aamiin Ya Allah..

Salam hangat,
Bagus&Ira

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here