MERDEKA (dari Utang & Riba) atau MATI (hati)!!

0
59

@Hays Nairbef

Salah satu jenis kematian yang sangat mengerikan sebelum kematian yang sesungguhnya adalah matinya hati.

Hati yang mati dapat didefinisikan sebagai hati yang tidak memiliki kehidupan di dalamnya. Hati yang mati tidak akan mengenal Allah Subhan awa ta’ala dan Rasulullah Muhammad Salallahu ‘alaihi wassalam.

Ia hanya akan menuruti hawa nafsu dan hanya mengejar dunia. Bahkan tidak akan peduli pada amalan baik apa yang sudah ia kerjakan, seakan bakal hidup di dunia untuk selamanya. Ia tidak akan dapat menerima nasihat baik dan tidak dapat menerima kebenaran yang jelas sudah pasti adanya. Karena Allah telah menutup mata hatinya dan menutup pintu hidayah untuknya. Astaghfirulloh.

Adapun tanda-tanda hati yang telah mati, diantaranya:

Terus menerus berbuat maksiat. “Hubbul ma’asyi”. Lalai, sungguh merupakan penyakit hati yang berbahaya. Ketika ia sudah menjalar dalam hati dan bersarang dalam jiwa manusia, maka ia akan menutup hati seorang hamba dan menjadikan anggota badan saling mendukung untuk menutup datangnya hidayah, sehingga hati akan terkunci rapat. Hati yang mati dan hati yang terkunci rapat akan selalu dapat berbuat maksiat.

Salah satu pemilik hati yang akan mengalami kematian, jika mereka tidak segera sadar dan menyegerakan taubat adalah hati hati para pelaku Riba. Jika tidak segera sadar atau disadarkan, maka niscaya, mereka akan menjadi pemilik hati yang mati, hati yang telah tertutup dari hidayah Allah.

Maka, memerdekakan diri dari utang dan Riba, adalah langkah dan tindakan yang sangat penting. Teramat penting sekali agar terhindar dari matinya hati. Terselamatkan dari tertutupnya pintu hidayah dari Allah. Sehingga terbukalah kesempatan mendapatkan ampunan dari Allah dan akhirnya Allah ridho kepada kita. Dengan ridho Allah, selamatlah hidup kita di dunia maupun di akhirat kelak.

Maka pilihannya cuma,

Merdeka (bebas dari jeratan utang dan Riba) atau Mati (matinya hati)!!

Semoga Allah menjadikan kita hamba2 yang mendapat RidhoNya.

Selamat hari Kemerdekaan Indonesia!

Batam 16 /08 /2020

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here