BISNIS TANPA UTANG TANPA RIBA, OMONG KOSONG?

0
823

By Mahfudh SG, KSW #16 MTR
WA KSW 0811-113-139

Subhanallah ….
Setahun yg lalu diskusi menghindari riba, seperti diskusi mimpi kosong, nggak mungkin di dunia sekarang ini kita menghindari riba, akhirnya kita adem ayem dan tetap melanjutkan dengan dalih darurat.

Setahun berlalu, secara mengejutkan tiba-tiba, keluar dari riba bukan lagi sebuah utopia. Salut buat para initiatornya… antum semua berhasil merubah mindset ribuan orang, dan Insya Allah gelombang ini akan semakin besar tak terbendung, seperti sukses budaya berjilbab di negeri kita bbrp tahun terakhir.

Fenomena kisah sukses saudara kita yg keluar riba justru lebih sukses bisnisnya, membuat saya berfikir keras dari “perpektif duniawi”, bagaimana mungkin dengan dana yg lebih kecil justru membawa sukses yg lebih cepat? Sampai akhirnya saya teringat ungkapan Merissa Meyer, mantan CEO Yahoo/Chief engineering google: “Creativity loves constraint”.

Artinya kreativitas itu diciptakan oleh kondisi atau constraint yg ketat. Ini kenapa Google berhasil mengindex bilyun terabyte of data, menghasilkan search result dalam 1-2 detik. iPhone berhasil membatasi ukuran alat browsing internat dan email dari ukuran laptop menjadi sebuah ukuran telpon genggam… dst.

Dengan¬† cash¬† terbatas, tanpa utang, kita menjadi berpikir lebih keras, dan lebih kreatif, membawa hasil yang jauh lebih besar sukses dunia akherat…
Wallahu a’lam bishawab.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here