Sistem Islam, dengan 3 asas, merupakan sistem tunggal yg khas

288

Sistem Islam, dengan 3 asas, merupakan sistem tunggal yg khas. Ketiga pelaksanaan sistem Islam adalah :

1. Yg pertama, membangun rasa taqwa yg tertanam dan terbina di setiap individu muslim mencakup pemikiran kehidupan dunia maupun selepas kematian. Menjadikan aqidah sebagai pengontrol kehidupan dan tingkahlaku. Kisah Maiz al Islami dan Al Ghomidiyah radliyallahu ‘anhuma menggambarkan betapa tingginya rasa ketaqwaan yg ada pada diri sahabat di zaman itu. Bahwa ketaqwaan individu mjd asas salah satu pokok kehidupan masyarakat islam.

2. Asas kedua dlm penegakan sistem Islam, sikap saling mengontrol pelaksanan hukum Islam dan mengawasi serta mengkoreksi tingkah laku penguasa, pada masyarakat. Allah menjelaskan karakteristik masyarakat islam dalam QS AL Maidah 8,QS Ali Imran 104 dan 110. Di dalam naungan masyarakat yg seperti inilah org2 fasik, munafik dan berbuat maksiat tdk berani menunjukkannya, tdk berani berbuat, kalaupun tergoda, mereka akan bersembunyi lalu akan bertaubat dengan sadar dan kembali ke jalan yg benar. Maka, pengawasan masyarakat dlm bentuk amar maruf nahi munkar menjadi asas kedua penopang kehidupan masyarakat islam sehingga mampu membawa kpd kemuliaan umat.

3. Asas ketiga, pembangunan masyarakat Islam adl keberadaan negara , pemerintahan sbg pelaksana hukum syara’. Keberadaannya sangat penting untuk menetapkan hukum2 syara’ dan mengemban dakwah ke seluruh dunia. Dlm negara islam, kedaulatan sbg penentu benar/salah adalah milik syara’, dan pelaksananya adl umat. Umat berhak memiliki kekuasaan mengatur,melaksanakan pemerintahan berdasarkan hukum syara’. Dan kekuasaan melaksanakan hukum diserahkan kepadanya utk memilih pemimpin dlm melaksanakan hukum2 syara tsb. “Seorang pemimpin adalah pemelihara dan dia bertanggung jawab terhadap peliharaannya” ( HSR Imam Bukhari, Muslim dari Ibnu Umar. “Al Fathul Kabir”, Yusuf An Nabhani jilid II : 330-331.
Dalam sistem Islam,negara bersikap tegas dan keras dlm melaksanakan syariat Islam namun tetap lunak kpd umat dlm mengoreksi tingkah laku penguasa. Dlm sistem islam, pengontrolan dan pengawasan pelaksanaan hukum dilakukan secara bersama2. Individu muslim menjadi penyangga dan pengoreksi masyarakat dan penguasa. Sedangkan masyarakat mjd pilar yg membentuk kepribadian individu secara islami yg khas, mendukung negara dan meminta pertanggungjawabannya dlm setiap kesalahan dan penyelewengan yg terjadi.

Saat ini keadaan masyarakat kita sangat jauh dr nilai2 taqwa oleh karenanya sangat mudah diruntuhkan oleh sistem lain selain Islam. Tdk ada tempat taqwa di dalam hati seorang muslim apabila mengikuti sistem kapitalis maupun sosialis. Sesungguhnya , sistem Islam lah yg paling sempurna adanya, yg bersumber dari AlQuran, seperti firman Allah dlm surat Fushilat 42 : ” Yang tidak datang kepadanya (AlQur’an ) kebathilan baik dari depan maupun dari belakang, yang diturunkan oleh Rabb yang Maha Terpuji”.

 

Wallahualam bishshawwab

Sumber : catatan pribadi halaqah mingguan, dan buku Materi Dasar Islam

Risa Ajeng Endro Pramono – KSW Jabar

+62 812-3332-0825