THE BODY SHOP

1097

== === === === ====
THE BODY SHOP
PENDAPAT BEBERAPA WARGA KSW
=== === === === ===
1. Nama brand : The Body Shop
2. Produk : Kecantikan dan perawatan tubuh
3. Pendiri : Anita Roddick
4. Yang unik dari mereka adalah program bisnis mereka selalu berkelanjutan selama 40 tahun berdiri dan selalu memegang prinsip yang didasari kepercayaan bahwa:

“Bisnis bisa menjadi kekuatan untuk kebaikan dan juga untuk membuat perubahan yang positif”.

Komitmen mereka dari awal adalah melindungi dan memelihara lingkungan serta masyarakat di setiap bagian dari bisnisnya mulai dari bahan dasar, produk, kemasan, toko, pegawai, pemasok melalui kampanye.

5. Kita perlu belajar dari mereka, karena dalam philosophy yang mereka anut, sungguh sangat sarat dengan nilai-nilai ajaran Islam. Dimana semua kegiatan kita di dunia sampai bisnis sekalipun harus bernilai ibadah dan menjadi rahmatan lil’alamin- kebaikan bagi semesta alam.

Jeremy Schwartz, Chairman dan CEO, The Body Shop:registered: International, mengatakan di ulang tahun ke-40 The Body Shop:registered: International menjadi saat yang tepat untuk mempertegas kembali tujuannya untuk memimpin era bisnis yang beretika.

” Bagi kami, berkelanjutan berarti membentuk bisnis untuk bekerja sesuai dengan sistem alami planet bumi sehingga memungkinkan planet bumi untuk memulihkan diri. Dengan New Commitment, kita menantang diri kita sendiri untuk bergerak lebih jauh dari sebelumnya dalam membuat perubahan yang positif, nyata, dan berkelanjutan,”

Jelas sekali mereka menganut nilai-nilai Islam yang diajarkannya Rasulullah SAW. Dan tentu menjadi sunatullah bagi kita sebagai umat Beliau.

6. Yang bisa kita praktikan dari bisnis praktis mereka adalah:

Mereka sangat jeli melihat bahwa nilai yang mereka anut ini tidak hanya bernilai secara sosial dimana konsumen akan merasa memiliki ikatan emosional dan terkoneksi lebih dalam dengan brandnya.

Tidak hannya bernilai spiritual, dimana ketika kita mencontoh mereka untuk bisa menebar kebaikan bagi masyarakat, maka Allah akan menambah kebaikan berkali lipat. Ada da tiga pilar New Commitmen yang mereka usung dan bisa dijadikan contoh, yaitu enrich our people, enrich our products, dan enrich our planet.

Ketika nilai nilai ini diramu, di package menjadi sebuah konsep kemasan marketing yang cantik lewat kampanye – kampanye berkesinambungan, maka konsumen akan merasa :

Belanja sekalligus memberikan nilai positif bagi alam dan anak cucu kelak??? Wooow feel so Priceless… Beli mahal ga masalah, namanya juga udah jatuh cinta. Huuummm sangat sangat bisa kita aplikasi kan di bisnis kita yaaaa…

By Dian, KSW #06

=== === === === ===

Produk The Body Shop ini sangat pintar untuk mengangkat value khususnya dia mengerti bagaimana membuat kaum hawa serasa dimanjakan dgn produk yg dirasa langsung diambil dr alam asli. Pengikatan agar pelanggan repeat order jg sangat diperhatikan secara tersistemasi.

By Eka, KSW #11

=== === === === ===

Assalamualaikum.
1. Merk nya The body Shop
2. Produknya kosmetika, perawatan rambut (shampoo, conditioner, sisir dari bambu dll) kulit ( bermacam2 cream kulit, sabun, dll) wajah (cream2 kulit, anti aging, sunscreen dll) Parfum. Produk utk pria dan wanita. Tdk mengeluarkan produk utk anak/bayi. Dari harga jual nya, segmennya utk yg ekonomi menengah atas
3. Anita Rodick (sdh meninggal yaa..?)
4,5,6 Yg menjadi keunikan dan kekuatan the body shop adalah semua produknya berbahan dasar alami (tumbuhan) yg sengaja di budidayakan dg bekerjasama saling menguntungkan dg petani setampat, dimana tumbuhan2 tsb secara alami tumbuh baik di daerah itu. Jd tumbuhan2 tsb dibudidayak secara berkelanjutan sekalipun awalnya tumbuhan liar. Mereka menggandeng penduduk asli utk bersama membudidayakan dan memberdayakan ekonomi.
Hasil produknya tdk diujicobakan dg mengorbankan nyawa hewan coba. Pendek kata contoh perusahaan yg berbisnis dg lingkungan (manusia dan alam) tanpa konflik sosial dan kerusakan alam. Dan menguntungkan !

Suatu contoh yg konkrit dari implementasi ayat quran : janganlah berbuat kejahatan dg membuat kerusakan di muka bumi. (Maaf kalau salah kutip)
Mestin
ya kita yg memiliki quran dan mengetahuinya lebih dulu mempraktekannya. Tapi lihatlah kerusakan alam di kaltim akibat keserakahan mengeruk batu bara…

By Agung, KSW #10

=== === === === ===

Bodyshop didirikan oleh Anita Roddick,merupakan franchise kosmetik kedua terbesar di dunia setelah Loreal mengakuisisi sebagian besar sahamnya (cmiiw). produk kosmetik yg menggunakan zat herbal ini memulai aksi sosialnya di th 1986 dengan bergabung dgn aktivis Greenpeace , tentu saja ini mem -boost penjualan dari produk nya yg berbahan alami.

By Brahma, KSW #10

=== === === === ===
Brand body shop ini dr inggris pendirinya anita roddick.produk kosmetik.
Mmg merek ini terkenal produk2 yg ramah lingkungan.nilai yg terkandung dr merek ini..kita berbisnis tdk hanya mengedepankan profit semata apalagi merusak lingkungan tetapi juga mmberikan kontribusi jg utk lingkungan.
Ini bs sebagai added value utk merek ini walau mmg harganya ckup mahal…hehe

By Egan, KSW #Jatim (aSWaJa)

=== === === === ===

Produknya menggunakan bahan alami, aromanya unik, kemasannya unik ,,,
Outlet penjualannya juga special
Dan mengusung pesan back to nature & save nature,, ini yg bikin saya jatuh hati,,,
Tapi enggak jatuh hati sama harganya:joy::joy:
Satu lagii,,, animal free,,, halalan toyiban

By Dini, KSW #05

=== === === === ===

Body shop dulu selagi pemakai riba sy pake nya body shop krn tinggal gesek :relaxed::relaxed::relaxed:
Produknya bagus , unik ,aromanya wangi alam natural
Kemasannya keren, wrn make up :heart_eyes::heart_eyes:
Benar bu rani harga nya yg ega bikin nyaman
Krn skrg mikir” dulu klo mau mau belanja :scream:

By Fenty, KSW #05

=== === === ===

1. Nama brandnya The Body Shop 2. Toko yg menjual segala kebutuhan kecantikan tubuh yg terbuat dr bahan alami. 3. Tdk tahu 4. Keunikannya : bahan dari alam, tidak mengandung unsur kimiawi (?), kemasannya indah dan unik. 5. Menampilkan sesuatu yg berbeda dari produk kecantikan kebanyakan yg menjual barang yg sarat dgn unsur kimiawi yg merusak tubuh di masa yad.
6. Menampilkan sesuatu yg berbeda dan segmen pasar yg sudah jelas (menengah ke atas)
Demikian pendapat saya, mohon koreksinya bila salah. Trims

By Ella, KSW #04

=== === === === ===
Perusahaan yg didirikan oleh Anita rodick tersebut sangat peduli dengan lingkungan..
uniknya ..perusahaan ini mendaur ulang sampah kemasan produkmya dgn tujuan mengurangi sampah berlebih.. bahkan berkesinambungan.. selama 7thn program berjalan..terkumpul 1.1juta botol bekas produk
# botol bekas produk the body shop

yg bisa saya pelajari…. bisnis bukan hanya tentang mencari keuntungan dan bgmn produk terjual.tp bagaimana bisa memberi manfaat utk lingkungan dan masyarakat… program yg mengedukasi cuztomernya dlm pengurangan sampah berlebih ini layak mendapat apresiasi.
maaf jd melenceng dr topik…. saya jadi mikir… gimana dengan perusahaan yg sedang berambisi REKLAMASI PANTAI.

By Wigati, KSW Telegram #01

=== === === === ===

Setelah membaca biografi the body shop …ada beberapa hal positif yg sangat bermanfaat terutama buat saya pribadi…dari awal berdiri sampai menjadi perusahaan frinchise terbesar kedua didunia ..bahkan sampai setelah ditinggal pendirinya..the bodyshop tetep menjaga value yg menjadi ciri bisnisnya…tetep menggunakan bahan2 dari alam…tetep berkomitmen menjaga keselarasan alam….

Selain itu the body shop dalam strategi marketing berani menggunakan cara2 “yg tdk lazim ” diwaktu itu..seperti menyiapkan 2000 konsultant diinggris yg bisa dimanfaatkan gratis oleh konsumen dg didatangkan kerumah utk memeragakan produk the body shop…dimana cara ini skrg byk ditiru oleh perusahaan2 lain…

Dan yg bagus lagi..the bodyshop tetep selalu memanjakan costomer yg sdh sdh menjadi konsumen loyal…dg strategi marketingnya shg membuat customer enggan beralih ke produk lain…ini pendapat pribadi sy setelah membaca biografi the bodyshop..

By Yosi, KSW #10

=== === === === ===

Nama brand nya sangat jelas, the body shop..menyediakan produk perawatan tubuh. Kualitas produknya pun juga sangat baik.bahkan saya pun jaman kuliah sempat memakai produk ini. Kebetulan istri saat ini juga
memakai beberapa produknya. yang saya perhatikan setiap mampir ke body shop, karyawannya sangat memperhatikan penampilannya dan proaktif memberi saran kepada customer. SPG sangat memahami product knowledge thd produk yang ditawarkan, berarti setiap SPG mendapatkan training yang baik..begitu pendapat saya, semoga ada manfaatnya..:blush:

By Rully, KSW #04

=== === === === ===

Bodyshop, produk perawatan tubuh dan kosmetik, sistimnya franchise dan kayanya udah ada diseluruh negara, foundernya anita roddick asal inggris cukup terkenal, terutama karna kampanye2 perusahaannya yg responsif terhadap isu2 lingkungan dan ham

Yg unik klo menurut saya konsistensinya berkampanye terkait tema2 lingkungan, berbasis komunitas plus customer loyalty program yg menarik

Kenapa perlu belajar? karena entitas bisnisnya keren banget, berani tampil beda, dan dari skala rumahan berhasil menggurita sampai berskala internasional

Yg perlu dipraktekkan? secara konsisten tegar mewujudkan visi usaha yg ga melulu money oriented tapi juga bersinergi dengan aspek2 sosial kemasyarakatan, yah walopun keputusan ownernya untuk gabung dengan l’oreal di th.2006 dianggap blunder dan dikecam banyak pihak 🙁

By Yuyu, KSW #05

=== === === === ===

1. The Body Shop.

2. Anita Lucia Perilli, dengan nama kecil Anita Roddick.

3. Produk Perawatan Tubuh dan Kecantikan.

4. Yang unik bagi saya adalah, produk The Body Shop pada hakekatnya sama seperti produk perawatan lainnya. Yang berbeda adalah sang pendiri mampu memberikan Value yang berbeda kepada The Body Shop. Dengan “Green Concept”, terobosan yang dilakukan oleh The Body Shop memberikan Value yang lebih kepada produknya, padahal banyak dari program “Green Concept” dari The Body Shop sendiri tidak ada kaitannya dengan perawatan tubuh dan kecantikan.

Seperti misalkan melapisi trotoar menuju tokonya dengan parfum Body Shop dan memasang bunga-bunga rampai gantung yang alami.

5. Apa yang perlu kita pelajari? Bagi saya yang bisa saya pelajari adalah tentang “Value” yang ujung-ujungnya mengokohkan BRAND The Body Shop. Klo tidak salah segmentasi kelas bawah perhatiannya kepada HARGA, Segmentasi kelas menengah perhatiannya kepada VALUE, sedangkan segmentasi atas lebih memperhatikan BRAND. Klo sudah bermain VALUE dan BRAND maka harga akan menjadi GELAP.

6. Apa yang bisa diparaktekkan? Hmmm… sedikit bercerita. Sekitar Minggu kemaren saya bertemu dengan Pak Budi Satria Isman, beliau cerita pada tahun 2004 saat beliau masih di coca cola, beliau diminta mengambil alih perusahaan Sari Husada dengan 5 Brandnya SGM Eksplor, SGM Aktif, SGM Bunda, Lactamil dan VItalac. Perusahaan sari husada tersebut diambil alih dengan nilai sekita 3 Triliun, dengan rincian 1 Triliun untuk Aset yang dimiliki perusahaan dan 2 Triliun untuk harga 5 Brand diatas. 2 tahun kemudian, tepatnya tahun 2006 Sari Husada dijual kembali ke Group Danone dengan Nilai 21 Triliun, dengan perincian sebesar 2 Triliun untuk Aset yang dimiliki perusahaan, dan 19 Triliun Untuk Harga dari 5 brand diatas tadi.
So, mulailah untuk MELEK BRAND.
Selain The Body Shop, banyak kita liat perusahaan2 luar yang benar2 fokus pada membangun nilai Brand mereka, karena nilai Brand jauh lebih tinggi dan bernilai daripada aset riil perusahaan atau produk itu sendiri.

sebut saja Adidas, Nike, Coca-Cola, PUMA, Apple, dan banyak lagi yang lainnya. malah ada beberapa produk yang tidak memiliki pabrik produksi seperti Beats. Namun jika sudah bicara brand, sepatu sport polos mungkin paling tinggi dihargai 200 ribu, namun produk yang sama jika dikasih contengan nike, maka nilainya minimal menjadi 800 ribu. padahal sama lho? jadi apa yang dibeli orang? sepatu? merek? gengsi atau value?

Beli produk The Body Shop = menandakan dia peduli lingkungan.
Beli Jam Tangan Rolex = Bukti/Simbol Kesuksesan
Beli BMW = Eksekutif Muda Sukses

Ada yang mau menambahkan?

Rusli Madeena – KSW #Kalsel 01

= = = = = = = = = = = = = = = = =

1. Nama brand : The Body Shop
2. Produk : Kecantikan dan perawatan tubuh
3. Pendiri : Anita Roddick
4. Yang unik dari mereka adalah program bisnis mereka selalu berkelanjutan selama 40 tahun berdiri dan selalu memegang prinsip yang didasari kepercayaan bahwa:

“Bisnis bisa menjadi kekuatan untuk kebaikan dan juga untuk membuat perubahan yang positif”.

Komitmen mereka dari awal adalah melindungi dan memelihara lingkungan serta masyarakat di setiap bagian dari bisnisnya mulai dari bahan dasar, produk, kemasan, toko, pegawai, pemasok melalui kampanye.

5. Kita perlu belajar dari mereka, karena dalam philosophy yang mereka anut, sungguh sangat sarat dengan nilai-nilai ajaran Islam. Dimana semua kegiatan kita di dunia sampai bisnis sekalipun harus bernilai ibadah dan menjadi rahmatan lil’alamin- kebaikan bagi semesta alam.

Jeremy Schwartz, Chairman dan CEO, The Body Shop International, mengatakan di ulang tahun ke-40 menjadi saat yang tepat untuk mempertegas kembali tujuannya untuk memimpin era bisnis yang beretika.

” Bagi kami, berkelanjutan berarti membentuk bisnis untuk bekerja sesuai dengan sistem alami planet bumi sehingga memungkinkan planet bumi untuk memulihkan diri. Dengan New Commitment, kita menantang diri kita sendiri untuk bergerak lebih jauh dari sebelumnya dalam membuat perubahan yang positif, nyata, dan berkelanjutan,”

BISNIS YANG BERETIKA

Jelas sekali mereka menganut nilai-nilai Islam yang diajarkannya Rasulullah SAW. Dan tentu menjadi sunatullah bagi kita sebagai umat Beliau.

6. Yang bisa kita praktikan dari bisnis praktis mereka adalah:

Mereka sangat jeli melihat bahwa nilai yang mereka anut ini tidak hanya bernilai secara sosial dimana konsumen akan merasa memiliki ikatan emosional dan terkoneksi lebih dalam dengan brandnya.

Tidak hannya bernilai spiritual, dimana ketika kita mencontoh mereka untuk bisa menebar kebaikan bagi masyarakat, maka Allah akan menambah kebaikan berkali lipat.

Ada da tiga pilar New Commitmen yang mereka usung dan bisa dijadikan contoh, yaitu enrich our people, enrich our products, dan enrich our planet.

Ketika nilai nilai ini diramu, di package menjadi sebuah konsep kemasan marketing yang cantik lewat kampanye – kampanye berkesinambungan, maka konsumen akan merasa :

Belanja sekalligus memberikan nilai positif bagi alam dan anak cucu kelak??? Wooow feel so Priceless… Beli mahal ga masalah, namanya juga udah jatuh cinta. Huuummm sangat sangat bisa kita aplikasi kan di bisnis kita yaaaa..

Dian Aryanti – KSW #Jabar 01

Apa pendapat Anda? Silakan posting di sini ya .