TERJERAT UTANG KARENA GAYA HIDUP

0
445
AY7AXR

By Diana, MTR #02 Kaltim
WA MTR (KSW) 0811113139

Bila hutang dijadikan gaya hidup baik pribadi maupun bisnis maka akan membentuk mental2 pribadi dan bisnis yg tergantung dg org lain pemberi pinjaman atau ketersediaan modal . Sehingga tidak mungkin bisa mandiri dlm hidup dan bisnis.

Tetapi juga tdk serta merta hutang itu buruk hy karena ada dampak negatifnya ..
Karena Rasulullah pun pernah berhutang , hanya saja Islam  tdk menjadikan hutang sebagai gaya hidup apalagi mjdkannya penopang bisnis atau ekonomi negara .

Sayangnya kita hidup di sistem yg menjadikan hutang sbg gaya hidup rakyat , penopang bisnis dan usaha masyarakat dan bahkan pilar utama ekonomi negara ..

Jadilah negeri indah ini mjd egara yg rapuh dan terkekang dg asing dan aseng ..

Karena mslh hutang dan ekonomi merupakan muamalah yg saling mengkaitkan dan melibatkan berbagai orang dan pihak lain , maka Islam memerintahkan kita memandang ekonomi dan permasalhn di dlmnya sebgai pandangan sistem yg saling terkait , sehingga tdk bisa mengarahkn hanya  dari sudut kepentingan pribadi atau kelompok saja .. krn itu pandangan induvidualis .

Secara pribadi kita hanya bisa berusaha dari jeratan hutang dan keharaman riba tetapi jangan dilupakan bahwa kita harus berjuang menerapkan sistem ekonomi Islam yg sempurna di bawah sistem hidup dan pemerintahan Islam

Wallahua’lam
Semoga bermanfaat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

fourteen − one =