TEMUKAN KESALAHAN -KESALAHAN FATAL SORANG PENGUSAHA

108

By: Amir M. K-MTR/MTR10 JawaTengah

Sahabatku, aku menulis ini tidak dengan sendirinya. Aku menulis ini melalui proses pembelajaran. Aku menulis ini dari pengalaman hidupku. Aku menulis ini karena aku berproses untuk success. Dan aku menulis ini agar anda success. Bukankah semua orang menginginkan kesuksesan dalam hidupnya…? Betul apa betul…?

Sahabatku apa yang saya tulis tidaklah banyak. Yang aku tulis adalah kesalahan yang pernah saya lakukan dalam membangun usaha.

Tahun 2014 adalah awal saya membangun usaha di bidang jasa. Pada saat awal usaha saya sempat mengajukan pinjaman modal pada salah satu bank, tetapi permohonan pinjaman saya ditolak dengan alasan belum ada cash flow yang jelas. Akhirnya saya tetap memulai usaha awal saya dengan modal apa adanya. Usaha saya baru menampakan hasil setelah 8 bulan berproses.

Genap satu tahun usaha saya, dan mulai menunjukkan adanya cash flow yang baik. Karenanya saya memberanikan diri untuk menambah modal dengan berhutang pada salah satu bank. Setelah saya pinjam modal dari bank ini, saya tidak sadar bahwa saya telah melakukan satu dari sekian banyak kesalahan pengusaha, Yaitu ☑ Berani mengambil kepastian dengan ketidakpastian

Mengambil pinjaman /hutang adalah keniscayaan yang harus dikembalikan, belum ditambah lagi biaya tambahan berupa bunga. Padahal berbisnis bukanlah suatu kepastian, terkadang untung, terkadang merugi, lebih-lebih bila perekonomian sedang lesuuuu…terasa pusing dan tidak punya daya

Hemmmm itu baru satu kesalahan fatal yang dilakukan pengusaha loh…. Pengin tahu lebih banyak kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh seorang pengusaha, silahkan daftarkan diri anda, team anda dan saudara anda dalam “KOPDAR TEGAL RAYA: SUKSES BISNIS TANPA HUTANG” Bersama Ustadz AHMAD MUSLIM dari Semarang.

Supported by:
🌾 MasyarakatTanpaRiba
🌾 SyaREA World