SELLING ITU PENTING

155

By : Ali Marzuki – KSW #06
WA KSW 0811-113-139

Bagian terpenting dalam usaha adalah jualan

Dari data yang sudah saya intip di mesin pencari google, jumlah pelaku usaha dari hari ke hari semakin meningkat.

Salah satu yang paling nge-trend adalah jualan online

Disamping memanfaatkan medsos, cara ini dirasa menguntungkan karena tanpa resiko, yang tidak punya produk bisa ngejualin produk orang, tidak perlu mikirin produksi, cuma mikirin jualan

Tapi sayangnya karena minimnya skill atau teknik jualan, membuat jualan yang dilakukan terkesan merugikan dan tidak elegan.

Nyepam dan bc, itulah yang sering dilakukan. Ini bisa sangat merugikan, karena yang bersangkutan bisa dirugikan. Ada beberapa hal dalam jualan yang bermartabat salah satunya positioning diri, dianggap apa (anda) oleh calon pembeli:

  1. Salesman : biasanya cuma modal nekat, one by one, modal tekat, nawarin-nawarin aja, dia bukan ahli produk, dia juga bukan ahli manusia.

2. Consultant : dia paham pengetahuan produk atau jasa, dia juga ahli produk atau jasa milik orang lain, kemudian dia bisa membandingkan dengan sangat baik.

3. Master : orang yang terbaik dibidang ini, kalau anda memposisikan diri anda sebagai master orang akan nurut dan berebut.

pernah melihat dokter yang sangat rame dan antri, kalau kita kesana disuruh nunggu ya nunggu, disuruh antri ya antri, kemudian disuruh nungging ya nungging, disuruh lepas celana juga lepas celana, kemudian disuntik. sakit ya mau, pulangnya disuruh bayar ya bayar, masih disuruh tebus resep yang mahal juga mau. Inilah master orang yang terbaik dibidangnya

Master ini disamping bisa menguasai produk atau jasa miliknya sendiri dia juga bisa menguasai produk jasa orang lain, bahkan dia juga bisa menguasai manusia.

Jadi, sudah sampai dimana, positioning diri anda?

Kalau anda masih merasa masih di no.1 segeralah melompat ke no.3, caranya dengan kerja keras dan belajar.

Semoga hari ini anda dilancarkan usahanya, dimudahkan urusanya, digampangkan rizkinya amin.

By : Ali Marzuki – KSW #06