RINGKASAN 7 (TUJUH) ADAB-ADAB KSW

2422

TIGA HAL YANG INSYAA ALLAAH AKAN MENYELAMATKAN KITA
Alhamdulillaah.. Saya telah membuktikannya. Apa saja yang 3 (tiga) hal itu?

1. Berperilaku menyenangkan
2. Selalu mencari cara untuk berkontribusi
3. Taati aturan yang berlaku.

Nah.. Bagaimana kita berlatih mempraktekkan TIGA HAL di atas?
Mari.. Saya mengajak kita semua, Warga KSW dan K-MTR untuk memahami dan mempraktekkan Adab-adab KSW, yang kami diberlakukan juga untuk WhatsApp Group K-MTR ini.
Warga dan calon Warga KSW & K-MTR yang dimuliakan ALLAAH..

Dengan ini kami mengingatkan kembali akan Adab-adab KSW yang berlaku juga untuk K-MTR.  Bisa jadi ada diantara kita yang sudah lupa atau terlewat membacanya ketika kami posting sebelumnya. Mohon calon warga dan Warga KSW & K-MTR membacanya dengan seksama.

Kami ucapkan terima kasih atas perhatian, dukungan dan kerjasama Bapak-bapak dan Ibu-ibu selama ini dan yang akan datang.
RINGKASAN 7 (TUJUH) ADAB-ADAB KAMPOENG SYAREA WORLD (KSW)
Adab-adab ini berlaku juga atau sebagai acuan untuk Kampoeng MTR (WhatsApp Group Masyarakat Tanpa Riba)
Bapak-bapak dan Ibu-ibu Warga dan Calon Warga KSW & K-MTR yang disayang ALLAAH..

Alhamdulillaah, seperti yang telah saya sampaikan sebelumnya, bahwa setelah satu tahun usia Kampoeng SyaREA ini, dan setelah WA menambah kapsitas menjadi 256 member kini Kampoeng SyaREA World & Kampoeng Masyarakat Tanpa Riba telah berkembang menjadi 50 (lima puluh) Group WA dan 2 (dua) Group Telegram serta 1 (satu) Group Line.

Dan setiap hari jumlah warganya selalu bertambah. Alhamdulillaah.. Permintaan untuk menjadi warga Kampoeng SyaREA World dan Kampoeng MTR selalu berdatangan.

Oleh karena itu, untuk menjaga kenyamanan warga dalam berinteraksi sesuai tujuan WAG KSW dan K-MTR ini kami bentuk, dengan ini kami sampaikan kembali Ringkasan Adab-adab Kampoeng SyaREA World yang juga menjadi acuan bagi Kampoeng MTR.

Adab-adab ini adalah RULES OF THE GAME bagi kita semua agar kita bisa meraih manfaat optimal dari keberadaan kampoeng tercinta ini. Ringkasan Adab-adab KSW & K-MTR tersebut adalah:

1. Adab Pertama:
TIDAK KENAL, MAKA TA’AARUFLAH. SALAMI TETANGGA ANDA.

Silakan para warga saling berkenalan. Berinisiatiflah untuk memperkenalkan diri. Sampaikan siapa Anda, bisnis Anda apa, di mana Anda tinggal dan sebagainya. Sertakan pula foto diri, keluarga, team dan usaha Anda. Anda juga bisa menceritakan sesuatu yang unik dari Anda.

Berinteraksilah dengan Warga Kampoeng SyaREA World atau MTR lainnya. Kampoeng SyaREA World bukan Kampoeng satu arah dari admin atau satu arah dari tokoh tertentu. Kita semua adalah warga yang berinteraksi satu dengan lainnya.

Tak kalah penting, dan ini sangat penting, HADIRIlah pertemua-pertemuan offline Warga KSW atau MTR yang kita selenggrakan. Hanya dengan bertatap muka kita akan merasa terikat secara emosional satu dengan lainnya. Kita adalah mahluk sosial yang perlu saling bertukar fikiran di alam nyata.

Rasakan bedanya, ketika Anda sudah bertemu, bertatap muka dengan saudara Anda lainnya di Kampoeng SyaREA World ini.  KSW dan K-MTR bukan untuk membuat kampong maya, namun dalam proses membangun kampoeng di dunia nyata!
2. Adab Ke-dua:
BE THE BEST OF YOU. SHARE YOUR OWN WORDS.

Di KSW, warga dilarang keras copas sembarangan atau asal copas! Baik teks, gambar/foto, audio maupun video, semuanya DILARANG KERAS COPAS! Copaslah sesuatu di grup WA lain, bukan di Kampoeng SyaREA World. Warga KSW tidak perlu copasan dari Anda. Warga KSW bukan hanya bergabung dalam 1 (satu) grup WA saja. Mereka juga bergabung pada beberapa WAG lainnya. Biarlah mereka mendapatkan di tempat lain.

Kendati demikian, kami tetap memperkenankan Copas/Coste untuk mendukung atau menanggapi suatu diskusi dan untuk memulai suatu diskusi. Postinglah hanya tulisan, foto atau video karya Anda sendiri. Atau Anda yakin, bahwa Anda mendapatkan tulisan itu dari tangan pertama dan tulisan itu berlum pernah dipublikasikan di media lain, selain media yang Anda ikuti bersama penulisnya.

Disini, di KSW, kami hanya ingin yang orisinil dari Anda. Kami hanya mau yang asli saja. Ingat, Kampoeng SyaREA World dan K-MTR bukan tempat untuk copasan!
3. Adab ke-tiga:
WE ARE LIVING ON PURPOSE. FIND THE WAY TO CONTRIBUTE YOUR VALUE.

Berkontribusilah untuk memberi manfaat dari keberadaan Anda di Kampoeng SyaREA World ini. Berilah manfaat kepada warga lainnya dari keberadaan diri Anda di Kampoeng SyaREA World ini. Tunjukkan bahwa Anda ada dan keberadaan Anda memberikan sesuatu yang berbeda di KSW ini. KSW atau MTR menjadi lebih baik karena Anda menjadi warganya.

Di KSW atau MTR kita saling berbagi pengalaman hidup, pengetahuan dan keterampilan serta ide-ide bagaiman pengusaha muslim bisa memegang kendali ekonomi untuk menggantikan ekonomi kapitalis leberalis yang menyengsarakan ini. Mulailah dengan berlatih terus menerus saling berkominukasi, saling menyapa dan saling berdoa serta saling memberi solusi.
4. Adab ke-empat:
SHOW US THAT YOU ARE RESPECT, CARE OF OUR VILLAGE & NEIGHBORS.

Anda mau berpromosi? Berjualan? Mengundang atau mengajak Warga KSW orang ke acara-acara atau program-program Anda?

Pastikan Anda sudah mendapatkan ijin secara langsung dari Admin, baru kemudian Anda memposting pengumuman atau ajakan atau promosi tertentu. Jadilah warga yang menghormati dan taat adab. Bukan menuliskan kata “ijin” di postingan Anda.

Silakan posting ketika SUDAH diijinkan oleh Admin Kampoeng SyaREA World. Kampoeng SyaREA World bukan papan pengumuman tempat Anda seenaknya memposting barang dagangan, atau pengumuman dan ajakan-ajakan lainnya.

Kalau Anda ingin menyertakan foto atau gambar, cukup 3 (tiga) saja. Dan tuliskan SUDAH DIIJINKAN ADMIN pada postingan Anda.

Bagi Kampoeng MTR, sudah ada waktu-waktu tertentu untuk berjualan. Silakan manfaatkan waktu tersebut untuk menawarkan produk atau jasa yang Anda hasilkan.
5. Adab ke-lima:
BE THE LIGHT, BE THE SOURCE OF ENERGY.

Jadilah pemberi dukungan bagi saudara Anda untuk berkembang dan melangkah maju ke masa depan yang lebih baik. Support saudara-saudara Anda dengan berita dan informasih hanya dan hanya yang membuat kita semua optimis dan membuat Islam dan kaum Muslimin menempati posisi mulia.

Berita-berita sampah, issue-isue hoax dan gossip dilarang keras untuk diposting di KSW dan di K-MTR. Postinglah hanya dan hanya sesuatu yang kan membuat kehidupan pribadi, bisnis, keluarga, keuangan, spiritual dan sosial kita menjadi lebih baik. Posting hanya yang akan kita semakin sholih, semakin taat kepada ALLAAH SWT.
6. Adab ke-enam:
WE ARE LIVING AS ISLAMIC SOCIETY

Mari kita mulai membiasakan diri menjadi bagian dari masyarakat dalam tata kehidupan Islami. Menjadi pribadi yang bertaqwa, menjadi warga Kampoeng SyaREA World yang taat adab-adab.

Menjadi masyarakat yang ber’amar ma’ruf nahyi munkar, warga yang mengajak warga lainnya untuk taat adab  dan langsung menngingatkan setiap warga lain yang melanggar Adab-adab Kampoeng SyaREA World.

Mohon bantu kami untuk mengingatkan saudara-saudara kita di KSW dan di K-MTR agar taat Adab dan tegur mereka ketika ia melanggar Adab-adab KSW.

7. Adab ke-tujuh:
WE CREATE OUR OWN DESTINY

Nasib kita ditentukan oleh diri kita sendiri. Oleh karena itu, sejauh mana Anda bisa mendapatkan manfaat dari keberadaan diri Anda di KSW dan di K-MTR, sangat ditentukan oleh keaktifan Anda untuk berbagi di KSW dan di K-MTR.

Jika Anda hanya mendapatkan pengumuman-pengumuman acara offline di KSW, bisa jadi karena Anda sebagai warganya hanya duduk diam saja, sehingga hanya admin KSW yang aktif mengumumkan acara.

KSW adalah forum crowd-sourcing dari kita, forum sharing oleh kita dan untuk kita semua. Marbot, khodim dan admin KSW bukan tukang ceramah yang setiap waktu akan memposting ceramahan untuk warganya. Jika Anda tidak mau berbagi, makan biarkan admin berbagi pengumuman-pengumuman acara-acara ofline KSW.
Kami berharap kita semua sudah memahami Adab-adab KSW ini sebelum Anda memutuskan untuk bergabung menjadi Warga KSW. Karena PELANGGARAN TERHADAP SATU, SEBAGIAN, APALAGI KESELURUHAN ADAB-ADAB KAMPOENG SYAREA WOLRD INI, AKAN MENGAKIBATKAN SESEORANG AKAN DI-REMOVE TANPA PEMBERITAHUAN TERLEBIH DAHULU.

Mari kita aktifkan KSW ini bersama-sama. Silakan share pengalaman, pengetahuan dan ketrampilan Anda. Kita semua akan terinspirasi oleh cerita-cerita menarik dari perjalanan kehidupan dan bisnis Anda. Insyaa ALLAAH kebaikan yang diperoleh warga lainnya dari cerita asli Anda, akan menjadikan tambahan ‘amal jariyah untuk Anda.

Amien yaa ALLAAH..

Demikian dulu informasi ini kami sampaikan, pada kesempatan berikutnya, Insyaa ALLAAH kami akan sampaikan juga rincian dari ke-TUJUH Adab-adab tersebut di Kampoeng SyaREA World.  Kami berharap kita semua berupaya kuat dan berlatih keras untuk menjadi warga yang menghormati dan taat adab. Aamien yaa ALLAAH..

Bagi yang belum bergabung, jika Anda merasa cocok dan pas dengan Adab-adab KSW & K-MTR ini, silakan kirim pesan WA ke 0811-113-139 atau ke nomor kami ini untuk bergabung menjadi Warga KSW & K-MTR.
MENURUT ANDA, SIAPAKAH DAN BAGAIMANAKAH ORANG YANG BERADAB ITU?
Mari kita berlatih taat aturan di KSW dan K-MTR agar terbiasa taat aturan di dunia nyata.

Kami senantiasa berdoa agar kita semua bisa istiqoomah dalam Iman dan Islam serta istiqoomah dalam Da’wah dan Jihad, Aamien yaa ALLAAH…

BaarakALLAAHu lana wa lakum..

Wassalaamu ‘alaykum wrwb.
Samsul Arifin SBC
Founder SyaREA World

The 1st Syariah Business Coaching Firm in The World