Riba bikin ngeRI BAnget….

711

Setahun yang lalu ada teman kantor yang membuat syukuran, karena permohonan KPR nya disetujui pihak bank. Dengan gaji yang seadanya, pihak bank bisa dikelabui dengan meminta kepada Hrd agar dibuatkan surat keterangan bahwa pembayaran gajinya dilakukan dengan dua metode, transfer dan cash. Transfer saat akhir bulan dan cash di pertengahan bulan.  Nominal yang cash inilah yang direkayasa, padahal uang itu tidak pernah keluar. Ini adalah ide dari pihak banknya sendiri, dan sayangnya saya sebagai Hrd terlibat untuk membohongi perihal gaji karyawan tersebut.

Singkat cerita akhirnya permohonan itu disetujui. Namun tidak lama, rumah yang ditempati itu terus saja mengeluarkan biaya. Biaya untuk membuat pagar rumah, bahkan pernah loteng bagian dapurnya runtuh saat musim hujan.

Yang lebih besar adalah saat istrinya divonis terkena kista pertengahan tahun lalu. Berbagai pengobatan alternatif dan operasi akhirnya dilakukan untuk pengobatan.

Dan yang lebih baru saat ini, saat ini anaknya pun sedang sakit dan butuh operasi untuk usus buntu yang biayanya pun tidak sedikit. Semoga Allah memudahkan belaiu dalam menyelesaikan masalah nya.

Jika memang dihubungkan antara riba KPR nya dan berbagai persoalan hidup yang ia hadapi, mungkin sekilas seperti tidak ada hubungannya. Namun jika ditelisik lebih dalam, dosa riba tersebut berubah bentuk menjadi masalah-masalah yang sedikit sampai besar mempengaruhi kehidupan kita.

Semoga kita diberi pemahaman, betapa dosa riba tersebut bisa mempengaruhi kehidupan kita secara tidak langsung. Semoga kita dijaga agar tidak terjerat riba dalam sisa hidup kita. Bagi yang sudah, semoga dimudahkan dalam menyelesaikan sisa riba kita. Aaminn..

Riodevriza, Tangerang KSW#14