Pola Sikap Manusia (_Nafsiyah_) sangat tergantung terhadap pemikiran-nya terutama tentang Hidup, Kehidupan dan Alam Semesta serta hubungan ketiganya dengan sesuatu yang ada sebelum kehidupan dan sesudah kehidupan ini dihubungkan dengan kehidupannya saat ini. Karena pemikiranlah yang membuat dan memperkuat mafahim (persepsi) terhadap segala sesuatu. Disamping itu manusia selalu mengatur tingkah lakunya dalam kehidupan ini sesuai dengan mafahim-nya terhadap kehidupan.
Jadi, tingkah laku manusia/Pola Sikap manusia selalu berkaitan erat dengan mafahim yang dimilikinya.
”…Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap sesuatu kaum, Maka tak ada yang dapat menolaknya; dan sekali-kali tak ada pelindung bagi mereka selain Dia.”

 

Apabila kita ingin merubah pola sikap manusia agar menjadi benar maka yang harus kita ubah adalah pemikiranna dengan pemikiran yang benar, pemikiran yang benar ini harus memenuhi syarat; Sesuai dengan fitrah manusia, memuaskan akal dan memberikan ketenangan hati agar menciptakan solusi fundamental pada diri manusia yang dapat merubah Pola Sikap yang benar.

 

Dan jangan lupa….
Harus berlandaskankan AQIDAH ISLAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here