PENDAPAT UNTUK YANG MAU KE BAITULLAAH

155

By Mala, KSW #34 Akhwat
WA KSW 0811113139

Pada prinsipnya utk umroh bisa dilakukan kapan saja di luar musim haji. Visa umroh itu buanyaak banget. Jd siapa pun daftar umroh pasti akan dapat visa nya langsung. Kl ada yg bilang ga dapat visa, itu krn uangnya dipake si travel tsb.

Jd kl ada yg suruh DP dl berangkatnya bebas asal lunas, ya setidaknya dia dpt modal 3,5jt per orang. Dia jg sudah mengikat si jamaah dg DP, jd mau ga mau berangkat dg mereka. Syukur2 kalo travelnya amanah. Kl nda uangnya mereka pakai dl.

Kalo sy sarankan, simpan saja uang sendiri sampai cukup jumlahnya. Kita bisa pasang target mau berangkat bulan apa. Lalu daftar stlh cukup uang. Sblm menentukan travel yg mana, pelajari dulu track recordnya. Jgn tergiur dg yg murah. Boleh sih membandingkan harga. Yg diperhatikan pesawatnya apa (saya suka Garuda, Saudi, Etihad), hotelnya bintang berapa.
Hotel di Madinah relatif lebih murah dg di Mekkah.
Semakin dekat ke masjid semakin mahal.

Bagi yg pertama kali pergi, penting juga ditanyakan apa ada ustadz/ustadzah yg mendampingi dari bandara jakarta. Juga tujuan pertama ke Madinah atau Mekkah. Karena akan menentukan mikot utk ibadah umrohnya. Jika ada pembimbingnya lebih baik.
Periksa website nya, kunjungi kantornya. Sehingga yakin benar amanah atau tidaknya.

Saat pembayaran bayar sj DP dl utk travel urus visa. Setelah dapat visa baru bayar full. Dekat2 hari berangkat saja bayarnya.

Hari keberangkatan, semua harus pihak travel yg urus. Jamaah hanya dapat tiket, boarding pass, langsung masuk ke imigrasi. Jamaah jangan antri lagi urusan bagasi. Ketemu bagasi nanti setelah sampai di tujuan atau kaamr hotel. Sy lihat masih ada Jamaah disuruh antri di counter check in ikut nimbang2 koper. Itu salah besar. Krn kita sudah bayar travel termasuk handling bagasi.

Kalo saya lebih suka trip yg ke Madinah dulu baru ke Mekkah. Jadi kita sudah pemanasan dl dengan situasi dan iklim di Arab. Ibadah di Mekkah relatif lebih berat. Apalagi jk tiba di Mekkah siang hari, kita harus tawaf tengah hari panas terik. Tp niat karena Allah akan mengalahkan semua rasa panas.

Utk pakaian, bawa secukupnya saja yg biasa kita pakai di sini. Nda perlu yg spt sarung tangan menutup tangan atas itu ya. Perlengkapan sesimpel mungkin aj. Jd ga ribet urusi perlengkapannya. Juga jangan pakai celana panjang dengan baju sedengkul. Pakailah baju yg panjang sekaki. Kadang para akhwat pikir krn sdg dlm perjalanan ya jadi ada yg pakai celana panjang baju sedengkul utk umrohnya. Banyak travel yg tidak memperhatikan pakaian jamaahnya. Mungkin karena sudah ribuan yg diurusi ya.

Tahun 2000an umroh, suasananya masih sakral. Suatu saat kami sedang jalan di pasar seng, tiba2 ada lelaki tua yg kejar2 kami teriak2 “haram.. haram..” sambil menepuk2 pahanya menunjuk kepada teman saya. Oo ternyata teman akhwat saya ada yg pakai celana panjang dg baju sepaha. Dia larang itu.

Kadang juga ada akhwat sholat pakai celana panjang + baju sedengkul/sepaha + mukena. kalo kita sujud akan keliatan, maaf, pantatnya. Kalo dulu askar2 keliling akan menegur.
sekarang hal spt itu jarang dilakukan. Banyak yg pakai celana panjang. Kadang saya yg menegur akhwat yg pakai celana panjang + mukena sj. Karena sy merasa kita harus menjadikan tanah suci sebagai tempat yg sakral bagi umat islam. Kita jaga mulai dari cara berpakaian kita. Kita hormati tanah haram.

Begituh.. semoga kita semua bisa terus umroh/haji dan mengumrohkan/menghajikan orang lain selama hayat kita.

INSYAAALLAAH KELUARGA BESAR WARGA KSW (MTR) AKAN UMROH BERSAMA BULAN DESEMBER 2017. SILAKAN DAFTAR KE MBAK IRMA DI 0812-5812-632