MUDIK TANPA MACET, MUNGKINKAH…?

0
62

By Pramudyo DA, KSW #25 DIYJateng
WA KSW 0811113139

Jumat kemarin saya perjalanan pulang balik mudik dari Kota Karanganyar – Solo menuju Weleri – Kendal.

Gile dah…perjalanan yang seharusnya cuman 4 jam, ini harus ditempuh selama 10 jam..!!

Berangkat dari Karanganyar jam 4 Sore…dan sampe Weleri- Kendal jam 2 dinihari..!

Volume kendaraan luar biasa mengerikan. Mobil2 keluaran terbaru bersliweran. Jarang banget sekarang  kelihatan mobil lawas.

Hati ini akhirnya sibuk bersuudhon ria…ahhh..ini jangan-jangan gara-gara sekarang beli mobil begitu mudahnya.

Hanya dengan uang muka 7 sd 15 juta sudah bisa bawa pulang mobil keluaran terbaru.

Nah..kan…sepertinya penambahan jalan atau pembangunan jalan bebas hambatan/tol tak sebanding dengan penambahan banyaknya mobil baru yang dikeluarkan dealer untuk dijual.

Sepertinya memang tidak ada pembatasan untuk penjualan mobil. Target penjualan terus dinaikkan, produsen mobil berlomba-lomba menelorkan varian terbaru.

Mobil akhirnya ditawarkan dengan DP super ringan. Gak peduli pembeli tetap bisa mengangsur atau enggak, yang penting uang muka alias DP plus angsuran yang pertama udah disikat.

Di perusahaan leasing mungkin hanya terpikir..” tarik ajalah kalo gak mampu bayar gampang..” hehehehe…..mungkin hlo ya…itu menurut saya. Saya bisa juga keliru…hehehehe….soalnya dulu jujur saja waktu jadi petugas kredit di bank BUMN saya pernah juga berpikiran mirip-mirip itulah. “…ahh..kasih dulu sajalah, cairkan dulu kreditnya..keburu dikejar target, keburu dimarahi bos….masalah kreditnya nanti macet…pikir nanti…..gampanglah..nanti lelang aja agunannya…beress dah…hehehe….(jahat banget ya..?).

Itu saya dulu waktu jadi provokator dan inspirator orang untuk berhutang hampir 12 tahun…???..sekarang alhamdulillah sudah enggak lagi….hehehehe..sudah insyaaff….ampun deh kapok.

Nah..saya pikir lagi, mau ditambah sepanjang apapun jalannya kalo memang produksi mobil tidak dibatasi, target kredit konsumtif alias target untuk memaksa orang berhutang dinaikkan terus….ya akhirnya semua terjebak.

Terjebak kemacetan setiap tahun dikala mudik, terjebak beli mobil DP murah..terjebak angsuran sangattt  panjang, terjebak rayuan maut SPG leasing yang wangi-wangi ?..dan yang paling mengerikan adalah terjebak hutang RIBA …????….

Waspadalah….

Waspadalah…

Semoga bermanfaat

Oleh : Pramudyo Dwi Ananto KSW #25 DIY & Jateng

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here