MANA MUNGKIN ?

290

*Mau usaha tapi tanpa hutang? Apa bisa??*

Pertanyaan itu selalu muncul di benak saya setiap kali akan melangkah dalam berwirausaha. Modal darimana kalau gak utang coba? terus apa bisa pake modal seadanya? Jawabannya bisa! Tergantung niat dan kemauan, semangat pantang menyerah donk, kan yang dikejar keridhoan Allah SWT bukan yang lain, kalau Allah ridho Insha Allah barokah dah, yakin!

Terus kalau dah yakin selanjutnya apa? Selanjutnya terserah anda

Yang saya yakini sekarang kalau usaha dimulai dari yang kecil, besarnya pasti kuat, percaya dah! Lihat bagaimana semut, lebah membangun sarangnya, dari kecil dulu, sedikit demi sedikit akhirnya jadi bukit kan, tanpa utang lho tanpa riba. lebah aja yang kecil gitu bisa bangun sarang yang bentuknya hexagonal, bentuk bangun yang sangat presisi dari segala sisi., dan harusnya kita sebagai manusia makhluk ciptaan Allah yang dibekali akal bisa donk bikin yang lebih keren lebih kreatif tapi kalau masih bingung mau ngapain, tenang aja dah kan kita masih punya Allah Tuhan yang Maha Berkehendak, yang penting doanya getol, InshaAllah dikasih jodoh produk yang terbaik, usaha yang terbaik dan hasil yang terbaik, oke!

Dulu saya sempat tergoda untuk pinjam modal di bank buat usaha ternak ayam pedaging yang pastinya butuh modal besar, tapi Alhamdulillah sebelum saya mau merealisasikan keinginan itu, Allah masih sayang sama saya, kandang yang mau saya beli ada trouble, dan akhirnya saya sadar untuk tidak melibatkan hutang dan bank, semenjak itu saya mulai mencari usaha yang cocok untuk saya yang bermodal apa adanya.

Sekarang saya masih bekerja di perusahaan swasta, menabung sedikit demi sedikit untuk modal usaha impian saya, ya walaupun masih belepotan dengan yang berbau riba karena sejatinya rupiah pun sendiri riba tetapi setidaknya semaksimal mungkin kita hindari praktek secara langsung yang menjerumuskan kita kepada jurang ribawi

Berbagai jenis usaha sudah pernah saya coba walaupun baru satu dua langkah, sampai pernah saya frustasi karena belum menemukan produk yang sesuai, hingga akhirnya saya disadarkan bahwa usaha itu lebih baik mulai dari apa yang dibutuhkan bukan dari produk apa yang kita mau, karena dari kebutuhan disitu ada peluang. Alhasil sekarang saya dipertemukan dengan salah satu jodoh produk saya, Alhamdulillah saya dan istri mulai memproduksi kosmetik alami yang terjamin kehalalannya

Sedikit demi sedikit saya sisihkan gaji saya buat beli ini itu, buat uji coba trial and error, yah gak apa-apa walaupun belum ada hasil secara rupiah tetapi setidaknya dari uji coba saya sudah dapat sedikit ilmu, selayaknya bayi yang baru lahir itu perlu dirawat, sama seperti usaha yang baru dirintis juga perlu dirawat agar nantinya tumbuh dengan baik kan.

Jangan lupa meniatkan dahulu apa yang ingin kita lakukan dan ingin kita capai semoga bisa memberikan manfaat terutama bagi diri kita dan orang-orang di sekeliling kita, gak selamanya kan kita hidup didunia yang fana ini.

Sekian sharing saya ini, bukan untuk menggurui, semoga bermanfaat, dari sahabatmu yang fakir ilmu ini.

By : Vebrian Eko Adryanto – KSW #13
WA KSW 0811-113-139