KITA BEKERJA KERAS UNTUK SIAPA?

504

By Rahman F, KSW #03
WA KSW 0811113139

Berbaris Dump Truck siap memuat batubara. Mereka menempuh perjalanan 1 hari satu malam untuk mendapat upah gendong (upah angkut). Mereka adalah para driver. Trucknya milih juragannya. Juragannya mendapat sedikit untung. Kalo ditanya, “kok mau pak untung sedikit?” . “Gpp mas, yang penting cukup untuk bayar cicilan leasing”.

Seorang kepala keluarga muda berpeluh keringat duduk di emperan toko. Seharian sudah dia keliling pasar menjajakan produk juragannya. Target mesti dia capai. Gaji dan penghasilannya tak seberapa. Kalo ditanya, “Kok mau mas digaji sedikit?”. “ Gpp mas, yang penting lancar bayar cicilan sepeda motor”.

Seorang remaja keluar parkiran pusat perbelanjaan dengan semangat. Sore itu jamnya pulang kerja. Subuh tadi dia berangkat dari kos. Gajinya tak seberapa, hanya cukup untuk bayar kos, makan dan beli pulsa. Dia bekerja pada sebuah counter HP. Juragannya, pemilik counter juga hidup seadanya. Hasil usahanya pas-pasan untuk bayar sewa kios, sisanya untuk bayar karyawan dan biaya operasional. Kadang ada sisa kadang tidak. Kadang juga tombok. Pemilik gedungnya, memungut sewa dan menggunakannya untuk membayar cicilan kredit. Kredit yang dipakainya membangun gedung pusat perbelanjaan tersebut dengan jaminan tanah di bawahnya.

Jadi, kita bekerja keras dan berbisnis untuk siapa?

By Rahman F, KSW #03