CARA CERDAS KELOLA UANG Part -1

0
258

By Samsul Arifin, KSW #32 Jawa Timur
WA KSW 0811-113-139

Pada kesempatan perjalanan saya ke luar negeri musim dingin, akhir Desember 2016 yang lalu, bersama Mas Sahir, KSW #21 Diaspora, kami sempatkan mengadakan sharing session dengan para Expatriat Indonesia pada sector energy seperti oil & gas dan sebagainya.

Kesempatan berikutnya, Pada musim semi, April 2016 yang lalu, saya menemani Mas Yunan, KSW #01 untuk survey ekspandi bisnis ke beberapa Negara. Pada kesempatan itu Mas Mahfudz, Warga KSW #21 Diaspora berinisiatif untuk mengajak sholat dan makan malam bersama sahabat-sahabat Expatriat Indonesia pada sector Indutri Digital & Financial Services.

Kendati mereka terpisah Negara, dan bahkan benua, namun ada banyak kesamaan diantara mereka. Meraka adalah pekerja keras, berpendidikan tinggi, sangat terampil, dan professional pada bidangnya. Bahkan beberapa diantara mereka berkedudukan tinggi dan strategis pada perusahaan multinasional berskala global.

Sudah tentu, konsekuensinya, mereka berpenghasilan sangat besar, jauh melampaui penghasilan rata-rata saudaranya di dalam negeri. Ditambah berbagai fasilitas yang disediakan perusahaan, kehidupan mereka akan sangat makmur berkelimpahan.

BUT..
THERE IS A BIG BUT
Akan tetapi, setelah kami berdiskusi leboh detail tentang hidup dan kehidupan. Ternyata banyak diantara mereka yang merana kehidupannya. Merana karena tanggungan beban utang yang semakin lama semakin terasa berat. Sehari-hari mereka pusing karena urusan keuangan.

Koq bisa?
Ya.. Karena penghasilan mereka ludes begitu saja karena:
1. Tertipu investasi bodong
2. Bayar Cicilan apartemen dengan janji-janji palsu
3. Menanggung kerugian Premateur Partnership
4. Kalah bermain derivative
5. Cicilan Big Toys seperti mobil mewah
6. Investasi ke bisnis yang tidak jalan.
7. Atau sebab-sebab lain

Dari perjalanan itu dan dari kisah-kisah KETAHANAN KEUANGAN yang sempat saya posting sebelumnya, saya mengambil kesimpulan, bahwa ternyata:

BESAR KECILNYA PENGHASILAN BUKAN PENYEBAB UTAMA PERSOALAN KEUANGAN. PERSOALAN KEUANGAN LEBIH DISEBABKAN KARENA KETIDAK TAHUAN MEREKA BAGAIMANA CARANYA MENGELOLA PENGHASILAN

Hmmm…
Saya jadi ingat seseorang yang baru pulang mudik, lalu pusing 11 keliling karena kantongnya kering.
Hehehe..

Enaknya diskusi tentang ketahanan keuangan kita lanjutkan tatap muka saja ya.. Agar lebih leluasa kita bisa diskusikan Topic CARA CERDAS KELOLA UANG, sehingga berapapun penghasilan Anda, Anda bisa menikmati kehidupan ini dengan tenang dan bahagia.

BaarakALLAAHu lana wa lakum jamiián.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

16 − 6 =