Bisnis

104

Pengertian Bisnis
Secara umum, pengertian bisnis (business), tidak terlepas dari aktivitas produksi, pembelian, penjualan, maupun pertukaran barang dan jasa yang melibatkan orang atau perusahaan. Dalam konteks yang lebih sempit, pengertian bisnis sering dikaitkan dengan usaha, perusahaan atau organisasi yang menghasilkan barang dan jasa untuk menghasilkan laba. Pendapat lain mengatakan bahwa pengertian bisnis adalah usaha untuk memenuhi kebutuhan manusia, organisasi ataupun masyarakat luas. Pelaku bisnis (businessman) akan selalu melihat adanya kebutuhan masyarakat dan kemudian mencoba untuk melayaninya secara baik sehingga masyarakat menjadi puas dan senang karenanya. Dari kepuasan masyarakat itulah businessman atau para pelaku bisnis akan mendapatkan keuntungan dan kemudian keuntungan tersebut akan digunakan untuk mengembangkan bisnis agar menjadi lebih luas.
Definisi tersebut menggambarkan bahwa bisnis didirikan untuk memenuhi kebutuhan konsumen berupa barang atau jasa. Jika bisnis tersebut dapat melakukan operasinya secara efektif, maka pemilik memperoleh tingkat pengembalian yang wajar atas investasi mereka diperusahaan.

Tujuan Bisnis
Tujuan dari suatu bisnis adalah untuk melayani kebutuhan pelanggan oleh pemilik yang mencoba untuk memperoleh laba. Orang-orang menciptakan bisnis mungkin karena melihat suatu kesempatan untuk menciptakan barang atau jasa yang belum ditawarkan oleh perusahaan lain. Selain itu, adanya keinginan untuk memproduksi barang yang lebih murah dibandingkan dengan perusahaan lain. Dengan demikian kesempatan mendapatkan laba terbuka karena dapat menyediakan barang dan jasa bagi konsumen.

Manfaat Bisnis
Apa sih manfaat dari bisnis ?? Tentu saja yang paling utama yakni untuk mendapatkan suatu keuntungan khususnya dalam bentuk uang. Berikut ini beberapa manfaat bisnis yaitu :

1. Mendapatkan Penghargaan/Pengakuan
Penghargaan maupun pengakuan bisa didapatkan dengan berbisnis. Dengan adanya suatu bisnis yang berhasil dan tumbuh dan berkembang serta dapat memberikan dampak positif kepada masyarakat, dan akan mendapatkan pengakuan positif dari masyakat itu sendiri.

2. Kesempatan Untuk Menjadi Bos Bagi Diri Sendiri
Kapan lagi anda bisa menjadi bos kalau bukan di bisnis yang anda rintis dan buat sendiri. Dengan berbisnis, anda akan menjadi penentu dan pemimpin dari bisnis yang anda jalani. Besar kecilnya bisnis anda ditentukan dari kemampuan anda menjadi bos.

3. Menggaji diri sendiri
Anda tidak perlu berlama-lama menunggu awal bulan untuk mendapatkan gaji. Karna anda sendiri yang menentukan penghasilan anda sendiri.

4. Mengatur Waktu Jam Kerja Sendiri
Dengan mempunyai bisnis sendiri anda bisa mengatur jam kerja sendiri. Keren bukan ?? Bila anda kerja di perusahaan atau kantor pasti jam kerja anda sudah diatur. contoh nya menjadi PNS pasti jam kerja anda sudah diatur oleh pemerintah yang sudah berlaku.

5. Masa Depan yang lebih cerah
Jika anda mempunyai bisnis sendiri, Masa depan anda tergantung anda sendiri, semakin anda gigih dan semangat berbisnis, dan diringi doa selalu, anda akan mempunyai masa depan yang lebih cerah.
Dengan anda membuka bisnis anda berpeluang membuka lowongan pekerjaan buat orang-orang yang membutuhkan pekerjaan.

Etika Bisnis
Berikut 8 etika bisnis syariah yang wajib diperhatikan dan diterapkan dalam menjalankan seluruh kegiatan bisnis, yaitu :

1. Tauhid
2. Prinsip Berkeadilan
3. Kebebasan Berkehendak
4. Tanggung Jawab
5. Didasari Niat Baik
6. Tolong Menolong
7. Bebas dari Unsur Riba
8. Tidak Berbisnis yang Haram