BISNIS BESAR TANPA PERLU UTANG TANPA PERLU RIBA

0
1265

By : Zul Rifan N, KSW #06
WA KSW 0811-113-139

“Bisnis gak bisa besar, tanpa hutang!!!”

Itulah yang diajarkan oleh salah satu mentor bisnis saya dulu saat saya masih duduk di bangku kuliah.
Kenapa harus berhutang? Menurut pandangan beliau saat itu bisnis perlu modal untuk mempersiapkan banyak hal. Seperti menyiapkan alat, bahan, kantor, karyawan, stok barang, marketing dan lain sebagainya. Intinya adalah bagaimana dianggap profesional oleh calon konsumen.

Jadi hampir tidak mungkin, suatu bisnis dijalankan tanpa modal, minimal pakai modal orang lain alias berhutang.

Tapi pada kenyataannya, saya melihat dengan mata kepala sendiri. Bisnis-bisnis senior saya tersebut malah rontok atau minimal berjalan lambat sekali perputarannya.

Terlihat memang besar, tapi si owner sebetulnya stress bin pusing karena berbagai masalah di perusahannya.Bisnisnya merugikan dan melelahkan mesti mewah dari luar

Maka saya bisa menyimpulkan bahwa, bisnis tidak melulu bakalan besar dengan berhutang.

Hutang bahkan sebetulnya adalah cara agar bisnis terlihat lebih WOW dari keadaan sebenarnya.

Lalu bagaimanakah cara agar bisnis tidak perlu modal besar agar tidak berhutang tapi tetap memberikan keuntungan yang besar???

Salah satu contoh adalah fenomena PewDiePie

Pemilik subscribers terbesar di youtube secara personal..

Dia menghasilkan belasan juta dollar per tahun dari youtube

Dan dia menjalankan bisnisnya dari kamarnya….

Berapa banyak timnya?hampir ga ada… seberapa besar costnya?sangat minimal sekali…

Tapi hasilnya besar sekali… mengalahkan mungkin 97 persen bisnis secara umum…
= = = = = = = = = = = =

Anda Pebisnis? Ingin bergabung dengan pebisnis sholeh lainnya di KSW?
Silahkan WA ke 0811-113-139

= = = = = = = = = = =
Saat ada masalah.. resikonya pun kecil sekali… tidak mesti mecat puluhan atau ratusan pegawai.. elemen2 di bisnis kayak stok dll tidak ada.. sehingga mudah dijalankan dengan modal yang minim.

Di Indonesia saya pernah mendengar cerita Maicih dan Zanana yang lebih memilih memasarkan produknya via sosial media, karena outlet fisik dinilai terlalu banyak modal dan jalur distribusinya tidak secepat jalur distribusi online. Meski begitu, Maicih dan Zanana bisa menghasilkan omset ratusan juta perbulannya

Saya juga dulu awalnya ingin membuka outlet fisik seperti cafe atau rumah makan. Tapi saya ganti dengan mencari bisnis yang bisa saya paketkan dan pasarkan di dunia maya. Hingga lahirlah Ubikazu Cemilan yang di eksekusi dengan modal 200rbu rupiah.

Bagi siapapun yang ingin jadi reseller, cukup mengeluarkan modal 100rbu rupiah saja atau bahkan kerjasama tanpa stok barang sebagai promotor (dengan sistem SALAM dalam islam. Bukan dropship).

Ketimbang outlet fisik yang mungkin memerlukan modal yang tidak kecil dan mungkin tidak lebih mudah daripada online, karena mesti mempertimbangkan lokasi.

Ya… kemajuan teknologi saat ini mempermudah bisnis (meski tidak semua) untuk dijalankan. Untuk menjual sesuatu kita bahkan mungkin tidak perlu bertatap muka, cukup bermodal smartphone yang juga tidak harus mahal.

Jadi tidak perlu inventori seperti kantor, transport, karyawan dan lain sebagainya. Sehingga modal lebih minim
= = = = = = = = = = = =

Anda Pebisnis? Ingin bergabung dengan pebisnis sholeh lainnya di KSW?
Silahkan WA ke 0811-113-139

= = = = = = = = = = =
Bahkan banyak yang tidak perlu stok barang tapi bisa punya omset puluhan juta. Contohnya seperti Farah ‘farce’, dropship khusus barang – barang impor. Yang kasih modal bukan Bank. Tapi konsumennya hehehehe

“Lihat saja daftar anak muda terkaya di dunia. Jika bukan karena bisnisnya warisan. Pasti bisnisnya bersinggungan dengan teknologi digital” Jaya Yea

Ya mulai mendigitalkan bisnis mungkin menurut pendapat saya merupakan solusi agar kita tidak perlu modal besar untuk berbisnis tapi tetap memiliki percepatan yang baik.

Semoga kita semua dimudahkan membesarkan bisnis tanpa utang tanpa riba. Karena sebaik-baiknya bisnis adalah yang membuat hidup kita makin tenang, bukan buat sok-sokan dan gaya-gayaan.

Terakhir

Istighfar dan taubat termasuk sebab-sebab rizki dengan karunia Allah Ta’ala.

1. Apa Yang Disebutkan Allah Subhana Wa Ta’ala Tentang Nuh Alaihis Salam Yang Berkata Kepada Kaumnya.

فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا﴿١٠﴾يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُمْ مِدْرَارًا﴿١١﴾وَيُمْدِدْكُمْ بِأَمْوَالٍ وَبَنِينَ وَيَجْعَلْ لَكُمْ جَنَّاتٍ وَيَجْعَلْ لَكُمْ أَنْهَارًا

“Maka aku katakan kepada mereka, ‘Mohonlah ampun kepada Tuhanmu’, sesunguhnya Dia adalah Maha Pengampun, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakan harta dan anak-anakmu dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai”. [Nuh/71 : 10-12]

By : Zul Rifan N, KSW #06

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here