Apakah meninggalkan riba harus shalat istikharah?

0
304

By Riri Sahyda, KSW #07
WA KSW 0811-113-139

 
Tadi pagi saya dipanggil direktur kredit & syariah di tempat saya bekerja kaget juga, karena selama ini saya tidak pernah berkomunikasi personal dengan bapak direktur ini paling komunikasi pas ada masalah kerjaan saja. mungkin karena saya di cabang utama, masih satu gedung kantor dengan bapak direksinya, jadi saya dipanggil menghadap terkait isu yang beredar, huehehe..

Jadi intinya dia mempertanyakan keputusan saya untuk berhenti, apakah sudah dipertimbangkan matang-matang, ya intinya seperti itu.

Lalu dia menyuruh saya untuk melakukan dua hal.
Pertama, tolong kasih tau lagi ke orang tua apa mereka benar-benar ridho kalau saya berhenti, karena mereka sudah susah payah menyekolahkan saya hingga saya bisa bekerja di bank, karena menurutnya orang tua pasti bangga anaknya kerja di bank. (ini yang aneh, maksiat kok bangga? tapi buat orang-orang yang belum ngerti tentang riba memang seperti itulah keadaannya)

Kedua, shalat istikharah. lalu beliau bertanya, apakah saya sudah melakukan shalat istikharah? Saya jawab belum, tapi shalat malam udah (dalam hati saya ngomong sendiri, bukannya shalat istikharah itu kalau kita dalam keragu raguan untuk memilih dua hal yang kita belum tau yang mana yang baik buat kita. sementera riba ini jelas-jelas menentang Allah dan Rasul-Nya. ngapain kita minta dipilihkan sama Allah untuk mempertahankan atau meninggalkan riba? Ya pasti pilihannya sudah jelas, Tinggalkan!)

Terus bapak nya sampe ngomong gini, sebelum shalat, pikiran dinetralkan, nanti shalat, semoga diberi petunjuk sama Allah, tapi Riri gak boleh bohong, klo ternyata petunjuk yang dikasih Allah untuk mempertahankan, tapi nanti Riri bilang sama saya jawaban yang dikasih Allah untuk meninggalkan/berhenti, tanggung aja dosanya nanti sampe hari kiamat.
Ya Allah, segitunya hahaha
(dalam hati saya ngomong lagi, gak mungkin Allah ngasi jawaban untuk mempertahankan, betul tidak teman-teman? ? )

Dann…
Belum shalat pun, jawabannya udah dikasih Allah, kebetulan ngaji habis Isya ini. baca surat Al-Anfal ayat 20-21, yang artinya:
“Hai orang-orang yang beriman, taatlah kepada Allah dan Rasul-Nya, dan janganlah kamu berpaling dari pada-Nya, sedang kamu mendengar (perintah-perintah-Nya),
Dan janganlah kamu menjadi seperti orang-orang (munafik) yang berkata “Kami mendengarkan, padahal mereka tidak mendengarkan.”

Subhanallah walhamdulillah.. Sungguh besar kasih sayangMu kepadaku Yaa Allah ???

Semoga teman-teman yang masih galau, juga dikuatkan hatinya oleh Allah untuk segera meninggalkan riba. Aamiin ya rabbal’alamin..?

By Riri Sahyda, KSW #07
WA KSW 0811-113-139

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here