AKU Kembali tergelinci Dosa RIBA

0
550

Tadi malam sebelum ke kamar tidur sempat ngintip notifikasi FB yang dari pagi belum dibuka, ada taq dari adik dan guru saya Adi Pratama Larisindo.

Apa ini… penasaran, Astaghfirullah mengupas kajian dari Ustad Erwandi Tarmidzi tentang “naik OJEK kena RIBA”.
Langsung saya katakan ke Bundanya, Bun kembali kita tergelincir dalam dosa RIBA, Astaghfirullah, koq bisa sih Yah?

Saya : saat Ayah mau pakai fasilitas Ojek Online, terus ada fitur go pay kemudian mentransfer ke rekening ojek online. Jadi waktu mau order ojek, ndak perlu pakai uang tunai. Langsung mengurangi saldo go pay Ayah.

Bunda : nah kan enak tu.. ndak ribet cari uang pecahan buat bayar ojek. Dimana ribanya Yah

Saya : sampai disitu emang benar memudahkan kita. Namun hal lain yang menguntungkan selama ini Ayah nikmati yaitu dengan pakai fitur Go-Pay maka ada potongan/diskon tarif yang LUMAYAN MENGGIURKAN. Biasa ngirim paket Kepo Chips ke Kapten Kepo di Tangerang, kalau dengan tunai perlu 150 ribu, dengan fitur go pay cukup bayar 90ribuan.

Bunda : kan itu diskon tarif Yah, koq jadi RIBA

Ayah : waktu Ayah transfer ke Go Pay (bank) kan ada akad Utang disini. Go Pay (bank) terima uang ayah & menggunakannya. Nah saat ayah perlu uang itu dikembalikan lagi oleh Bank yang menggunakan fasilitas Go-Pay.

Bunda : jadi gak ngantuk ni Yah… jadi seru begitu ya

Ayah : kan akadnya Utang awal Ayah setor, maka tambahan manfaat dari utang inilah yang menjadi RIBA. Waktu Go-Pay ngasi potongan harga saat Ayah menggunakan ojek, maka ada tambahan manfaat dari pengguna Go-Pay, dan Ayah adalah sebagai pemberi Utang.

Bunda : emang ada dalilnya yang melarang?

Ayah : ada ni dalilnya
كُلُّ قَرْضٍ جَرَّ مَنْفَعَةً فَهُوَ رِباً
“Setiap Hutang yang mengambil manfaat adalah riba”.

Manfaat atau keuntungan yang dimaksud mencakup semua bentuk keuntungan, bahkan sampai bentuk keuntungan pelayanan. Diriwayatkan dari Anas bin Malik radhiallahu ‘anhu,

Bunda : Astaghfirullah, jadi kalau kita mau pakai ojek online bagiamana baiknya?

Ayah : kalau mau menggunakan Go Pay sepertinya ndak bisa minta klausul menghilangkan discount, jadi balik ke awal dulu aja, kita bayar Tunai setiap pakai jasa ojek online.

Bunda : hehehe.. tapi kan jadi lebih mahal Yah

Ayah : nah itulah Islam, kita hanya diminta Taat ama aturan Alloh, insha Alloh Rejeki Halal akan dijamin. Kan kita dagang juga bukan untuk Untung atau Rugi, tapi dengan dagang ini apakah membawa kita ke SORGA atau NERAKA?

Bunda : dengan kejadian ini baiknya Ayah belajar lagilah di sekolah muamalah. Agar untuk perkara Muamalah Kontemporer selalu berhati-hati.

Ayah : Insha Alloh, terus belajar Bun.

Astaghfirullah, betapa Riba saat ini sudah benar-benar berubah wujud.

BERILMU sebelum BERDAGANG

Kris Diantoro
www.kepochips.com

#hijrahbarokah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

4 + 16 =