ADAB KE-DUA KAMPOENG SYAREA WORLD (KSW)

3
760

REFRESH DULU YA WARGA KSW..

*ADAB KEDUA KAMPOENG SYAREA WORLD (KSW)*
Assalaamu ‘alaykum wrwb..
Warga Kampoeng SyaREA World yang dirahmati ALLAAH..
Perkenankan kami menyampaikan kembai secara lebih detail Adab ke-DUA dari Kampoeng SyaREA World (KSW), yaitu:

*BE THE BEST OF YOU, SHARE YOUR OWN WORDS.
Jadilah yang terbaik dari Anda, Posting hanya yang asli dari Anda.*
Dilarang copas, tulis kata-kata Anda sendiri. Biasa ngopas menghambat kemampuan leadership Anda.

Kami ulang sekali lagi, Adab ke-dua Kampoeng SyaREA World adalah:
*BE THE BEST OF YOU. SHARE YOUR OWN WORDS.*

Bapak-bapak dan ibu-ibu Warga Kampoeng SyaREA World yang komit menjadi AHLI SORGA..

Anda percaya bahwa kita semua adalah mahluk sosial kan? Oleh karena itu, saya meyakini bahwa kita semua sudah punya ikatan-ikatan sosial, baik di dunia nyata, maupun di dunia maya.

Di dunia maya atau sosial media seperti WA ini, hampir semua pengguna aplikasi messenger telah menjadi anggota rata-rata 9 (sembilan) atau lebih grup di Messenger, baik itu WhatApps, Line, Telegram, BBM, Facebook, Path, Instagram dan atau media-media sosial lainnya.

Bahkan, jika Anda adalah seorang sosialita atau yang ditokoh pada kelompok masyarakat tertentu, saya duga kuat bahwa messanger group seperti WhatsApp yang Anda ikuti bisa mencapai lebih dari 20 atau lebih group WA atau aplikasi lainnya.

Group-grup yang umum diikuti yaitu grup keIslaman, grup alumni/sekolah, grup tempat tinggal, grup hobi dan grup keluarga. Dan juga grup-grup untuk kepentingan khusus seperti perusahaan atau proyek tertentu.

Dengan demikian, bisa dipastikan bahwa ada banyak irisan atau kesamaan postingan pada grup-grup WA tersebut. Sangat dimungkinkan adanya duplikasi postingan, terutama yang dilakukan oleh mereka yang bersemangat untuk mengcopy paste, copas/coste suatu postingan yang mereka anggap penting dan perlu diketahui oleh anggota grup-grup lainnya.

Akan tetapi, khusus untuk Kampoeng SyaREA World ini, kami meminta Anda memposting sesuatu yang original dari Anda, sesuatu yang murni karya Anda sendiri. Baik itu tulisan, gambar (meme), foto, video atau audio.

Jadilah diri Anda sendiri. Keluarkan yang terbaik dari diri Anda. Posting sesuatu yang asli dari diri Anda. Sekali lagi, saya ulangi. Bahwa di Kampeng SyaREA World ini, kami minta Anda HANYA dan HANYA memposting sesustu yang asli tulisan Anda sendiri.

Copas-an yang Anda posting bisa jadi sudah dibaca oleh saudara-saudara Anda di grup-grup WA lain yang mereka juga menjadi anggotanya. Biarlah copas-an itu berkeliaran di grup-grup yang lain, bukan di Kampoeng SyaREA World.

Stop kebiasaan mengcopas apapun kecuali atas permintaan untuk mendukung suatu diskusi topik tertentu. Alihkan semangat Anda untuk meng-copas, menjadi semangat untuk membuat karya Anda sendiri.

Tahan! Sekali lagi TAHAN keinginan Anda untuk mengcopas sesuatu yang Anda anggap penting itu. Karena copasan itu sudah bisa dipastikan telah berkeliaran di mana-mana, di WAG, di Telegram, Line dan sebagainya.

Kalaupun Anda merasa terpaksa meng-copas sesuatu, lakukan hanya:
1. Ketika diminta oleh warga lainnya.
2. Ketika menjelaskan topik tertentu pada suatu diskusi yang sedang berlangsung.
3. Ketika Anda hendak menjadikannya sebagai bahan diskusi di KSW.

4. Mengingatkan Warga KSW akan suatu nash al-Qur’an atau Hadist Kanjeng Nabi Muhammad Rosullullaah SAW.
5. Anda menerima tulisan dari tangan pertama dan belum pernah dipublikasikan di media-media sosial yang lain.

Bisa difahami kan?

_Tapi kan copasan itu bermanfaat Pak Samsul…_
_Tapi kan sesuai dengan concern grup Pak Samsul.._
Mungkin itu alasan Anda bersemangan copas.

Kami setuju bahwa copasan Anda bisa jadi bermanfaat. Namun RULES, Adab atau kebijakan di KSW adalah DILARANG COPAS kecuali karena 5 (lima) alasan di atas. Selain itu jangan.

Semua pelanggar aturan, pasti punya alasan baik yang mendorongnya. Namun tetap saja melanggar aturan.

Penyerobot lampu merah, bisa beralasan karena terburu-buru untuk suatu urusan penting.
Penyogok bisa beralasan sebagai ucapan terima kasih.

Pebisnis miras bisa beralasan karena menghidupkan perekonomian.
Wanita pezina bisa beralasan karena tuntutan hidup.
Semuanya bisa beralasan, namun tetap saja itu pelanggaran.
Pelanggaran adalah pelanggaran, apapun alasannya.

Warga KSW, para leaders yang dimuliakan ALLAAH..
Kami meminta Anda untuk manfaatkanlah Kampoeng SyaREA World ini sebagai media bagi Anda untuk melatih kemampuan Anda, berlatih menyampaikan ide melalui tulisan atau bentuk-bentuk lainnya. Latihlah kemampuan Anda untuk mengeluarkan potensi terpendam dari diri Anda. Yaitu potensi menyampaikan ide melalui tulisan-tulisan hasil pemikiran original Anda.

Anda sebagai warga Kampoeng SyaREA World bukan orang kebanyakan kan? Anda bukan orang sembarangan kan? Paling tidak yang bergabung menjadi Warga Kampoeng SyaREA World adalah seorang business owner atau business leader, pemimpin pada lingkungan terdekatnya. Betul apa bettul?

Bettul!

Yang masuk ke KSW, sudah kami berikan keterangan sebelumnya:
1. Apa itu KSW
2. Ringkasan Adab-adab KSW
3. Form pendaftaran yang berisi kalimat KOMITMEN TAAT ADAB

Hampir semua Warga Kampoeng SyaREA World adalah para business owners & business leaders. Satu diantara beberapa kemampuan kepemimpinan yang penting untuk Anda kuasai adalah kemampuan menyampaikan ide. Baik menyampaikan ide itu melalui lisan maupun tulisan. Oleh karena itu jadikan Kampoeng kita ini sebagai sarana memperkuat jiwa dan kemampuan kepemimpinan Anda itu.

Selain itu, Kami sangat memahami, warga KSW adalah orang pilihan dari kalangan Ummat Terbaik, Khairu Ummah, yang diutus ALLAAH ke muka bumi ini. Mengapa Anda tidak mengambil kesempatan untuk menunjukkan bahwa Anda bagian dari Khairu Ummah itu?

Anda juga yakin kan? Sebagaimana yang kami yakini, bahwa kita semua adalah kumpulan orang-orang terbaik di muka bumi ini?

Kendati demikian, kami juga memahami bahwa menuliskan sesuatu adalah hal yang sangat baru bagi sebagian dari Anda. Sehingga bagi Anda yang tidak terbiasa, agak kesulitan untuk memulainya.

Oleh karena itu, saran kami bagi Anda yang kesulitan memulai memposting sesuatu yang asli dari Anda, tulislah hal-hal yang sederhana, seperti:
1. Mengucapkan salaam ketika memulai hari
2. Menyapa saudara-saudara Anda
3. Mendoakan tetangga Anda di Kampoeng SyaREA World ini.
4. Memposting ayat al-Qur’an atau Hadist pengingat kita semua agar semakin taat kepada ALLAAH & RosulNYA.

Kemudian perlahan-lahan tingkatkan kemampuan Anda untuk menulis dan mengetik ide-ide Anda. Biasakan untuk bersegera merespon diskusi, menjawab salam, mengaminkan doa dan menjawab pertanyaan warga lainnya yang sedang bertanya serta segera memberikan solusi bagi warga yang meminta bantuan kita semua.

Anda juga bisa menuliskan perasaan, menceritakan pengalaman hidup, perjalanan bisnis atau rangkuman pengetahuan-pengetahuan tertentu baik dari bacaan, hasil pengamatan maupun dari seminar atau pelatihan yang telah Anda ikuti. Tulis juga hal-hal lucu atau yang unik yang menarik perhatian Anda.
Keren apa kerreen?

Jadilah diri Anda sendiri, keluarkan potensi Anda. Kemukakan apa yang ada di benak Anda sendiri. Paksa diri Anda melakukan sesuatu yang belum pernah Anda lakukan sebelumnya.

*ANDA BUKAN TUKANG COPAS KAN? DAN MAAF, KAMPOENG SYAREA WORLD (KSW) BUKAN KAMPOENG COPAS-AN!*

Jika Anda tidak mau mengeluarkan potensi besar kepemimpinan Anda itu, Kampoeng SyaREA World ini jelas bukan tempat yang tepat untuk Anda. Silakan EXIT GROUP untuk left dengan senang dan ceria…

Kami akan terus memantau aktivitas Warga Kampoeng SyaREA World ini. Kami akan merelokasi kavling Anda jika Anda masih mempertahankan kebiasaan meng-copas itu. Sekali lagi, copas hanya boleh Anda lakukan ketika diminta atau sebagai bagian dari diskusi yang sedang berlangsung.

Selamat menulis.. Selamat menjadi the original of You, THE BEST OF YOU… SHARE YOUR OWN WORDS..!!!

 

Wassalaam..
Samsul Arifin
Founder SyaREA World, Sharing Leadership

Bersambung ke Adab-adab Kampoeng SyaREA World selanjutnya…

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

three × 1 =